Cara Membuat Hotspot Wifi di Laptop Dengan My WIFI Router – Windows 7

Ada banyak software yang bisa digunkan untuk membuat hotspot wifi di laptop salah satunya adalah My WIFI Router. Kali ini saya akan memberikan panduan cara untuk menjadikan laptop sebagai hotspot di Windows 7 sehingga anda dapat berbagi koneksi internet ke HP Android maupun sesama laptop dengan mudah.

Apakah software ini bisa dijalankan di Windows XP? bisa tetapi karena driver wifi saya tidak terdeteksi oleh win xp maka saya hanya akan memberikan panduan di Windows 7.

Advertisement

Update 25 Feb 2016 : Sepertinya developer My Wifi Router sedang melakukan perbaikan atau mungkin juga sudah tidak melanjutkan pengembangan aplikasi ini karena situsnya sudah tidak bisa diakses. Alternatif lain anda juga bisa menggunakan UC Browser for PC dan detailnya bisa dibaca disini : Cara Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot.

Panduan Cara Membuat Hotspot Wifi di Laptop Dengan My WIFI Router

  1. Pastikan anda memiliki wifi adapter dan sudah terinstall driver.
  2. Download dan install My WIFI Router.
  3. Jalankan, lalu ganti SSID dan password. Pastikan hotspot dalam keadaan off atau tidak aktif tandanya ada tulisan Free WiFi Hotspot is deactivated (lihat gambar dibawah – kotak merah). Jika tidak tampak seperti gambar diatas, tombol berwana hijau maka itu tandanya sedang aktif dan anda tidak bisa mengubah name (ssid) dan password sebelum menonaktifkannya dengan cara klik tombol Deactivate Free WiFi.
  4. Terakhir klik Activate Free WiFi dan aktifikan koneksi wifi di perangkat yang ingin konek seperti smartphone atau laptop, untuk menghubungkan ke hotspot yang anda buat sendiri, pilih SSID / nama jaringan sesuai dengan yang telah dibuat dan jangan lupa masukan password hotspot tersebut.

Catatan : Untuk contoh ini saya menggunakan modem yang terkoneksi ke internet, jika menggunakan kabel bisa atau tidak saya belum pernah coba.

Beberapa keunggulan dari software My WIFI Router adalah : gratis, mudah digunakan, memiliki fitur blacklist sehingga kita bisa mencegah perangkat yang tidak diinginkan dapat menggunakan koneksi internet yang dishare pada laptop tersebut. Setelah kita masukan HP Android maupun laptop lain ke blacklist akibatnya perangkat tersebut hanya dapat membaca dan terkoneksi ke hotspot yang kita buat tapi tidak dapat online atau mengakses internet.

Advertisement

Itulah panduan cara membuat hotspot wifi di laptop dengan aplikasi My WIFI Router 3.0, semoga bermanfaat dan jika ada kesulitan silahkan tanyakan semoga saya bisa membantu.

Latest Comments
  1. andri September 28, 2015
    • Opik September 29, 2015
  2. Qais.f October 21, 2015
  3. danz November 1, 2015
  4. Gesta November 21, 2015
    • Opik November 22, 2015
  5. Ahmad Fauzi November 29, 2015
    • Opik November 30, 2015
  6. scp photoworks December 2, 2015
  7. diana December 23, 2015
    • Opik December 24, 2015
  8. lahardingin January 9, 2016
    • Opik January 9, 2016
  9. rony January 29, 2016
    • Opik January 30, 2016
  10. wahyu June 21, 2016