Pengalaman Bayar BPJS Bayi Baru Lahir

Kali ini saya akan berbagi pengalaman bayar BPJS bayi baru lahir untuk peserta mandiri bukan penerima upah yang hampir membuat emosi tapi akhirnya berhasil juga walau saya datang sekitar pukul 1 siang ke kantor BPJS Cibinong yang sudah sepi.

Sebagai informasi tambahan, agar biaya persalinan bisa ditanggung bpjs maka kita harus mendaftarkan BPJS calon bayi dalam kandungan maksimal 14 hari sebelum kelahiran dan setelah daftar tidak perlu bayar iuran karena memang tidak akan bisa dan hanya bisa dibayar setelah bayi tersebut dilahirkan dengan selamat. Jadi sebelum lahir, tagihan BPJS kesehatan kita akan tetap sama seperti sebelumnya.

Advertisement

Tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan tanpa niat sedikitpun memojokan pihak tertentu semoga saja bisa menjadi masukan terutama bagi petugas BPJS di kantor cabang maupun petugas di call center 1400 500, berikut adalah pengalaman saya.

Pengalaman Bayar BPJS Bayi Baru Lahir

Sebelum bisa mengaktifkan kartu bpjs bayi yang baru dilahirkan anda harus mendaftarkan calon bayi maksimal 14 hari sebelum kelahiran dan setelah itu anda harus gunakan kartu bpjs ibu untuk periksa kehamilan minimal 1x dirumah sakit tempat akan melahirkan (setidaknya begitu menurut penjelasan dokter di RS) karena katanya tidak akan bisa kalau langsung melahirkan pakai bpjs tapi sebelumnya belum pernah digunakan untuk periksa kehamilan.

Setelah anda mendaftarkan calon bayi dan sudah pernah pakai BPJS ibu untuk periksa kehamilan, lalu untuk membayar BPJS bayi setelah dilahirkan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan foto copy kartu BPJS Ibu dan foto copy KTP Ibu/Ayah.
  2. Siapkan surat keterangan lahir dari rumah sakit, lalu foto copy.
  3. Selain dokumen diatas biasanya kita juga akan diberi keterangan permintaan rawat inap untuk bayi dan ibu tetapi pengalaman saya ini tidak diperiksa di kantor bpjs jadi yang ditanya hanya keterangan lahir, ktp dan bpjs ibu.
  4. Setelah semua dokumen siap, pergi ke kantor bpjs lalu ambi no antrian. Tapi karena saya datang sekitar jam 1 siang jadi langsung masuk dan tanya petugas yang sedang tidak melayani dan meminta untuk dibuka pembayaran bpjs bayi.
  5. Setelah dibuka kemudian kita akan mendapat print out nomor virtual account bayi dan bayar lewat ATM, Indomaret atau alfamart lalu kembali ke kantor BPJS untuk mencetak kartu BPJS bayi.

Catatan : untuk bayi baru lahir, kartunya tidak seperti kartu bpjs biasa tetapi masih dalam bentuk e-id dan jika anda tidak punya waktu mengantri maka bisa cetak e-id bpjs dari aplikasi Android.

Sekitar 30 menitan menunggu akhirnya kartu bpjs bayi selesai dicetak dalam bentuk kertas hvs jadi harus di laminating agar tidak rusak dan setelah itu foto copy untuk diserahkan ke rumah sakit tempat melahirkan agar biaya perawatan bayi bisa ditanggung bpjs.

Berikut adalah bukti saya berhasil mengaktifkan kartu bpjs bayi baru dilahirkan setelah membayar iuran pertama, saya gunakan aplikasi BPJS kesehatan di HP Android untuk mengecek daftar peserta BPJS.

Seperti terlihat pada gambar diatas, yang kiri untuk calon bayi masih tertulis dengan huruf berwarna merah karena belum aktif (penangguhan pembayaran / masih calon bayi) dan setelah dibayar tulisannya berubah menjadi hitam (aktif / sudah menjadi bayi).

Advertisement

Itulah sedikit pengalaman bayar bpjs bayi baru lahir agar bisa aktif lalu cetak kartu dan biaya perawatan bayi ditanggung bpjs, memang tidak semudah yang saya tulis karena saat mau membayar saya datang sudah hampir sepi dan antrian sepertinya sudah ditutup jadi saya langsung masuk kedalam tanpa antrian belum lagi harus bulak-balik ke indomaret untuk bayar lalu balik lagi ke bpjs untuk menyerahkan bukti pembayarannya.