Pengalaman Bayar BPJS Lewat Tokopedia

Halo sobat opikini.com, kali ini admin akan berbagi pengalaman bayar BPJS lewat Tokopedia dengan alasan karena saat ini sedang ada promo cashback 20% atau maksimal 20.000 rupiah ke tokocash.

Walau dikenakan biaya admin sebesar 2.500 rupiah seperti saat membayar tagihan BPJS di alfamart atau Indomaret tetapi dengan adanya cashback ini maka hitungannya saya tetap untung.

Advertisement

Karena total tagihan bulan September 2017 ini sebesar 480.000 atau lebih besar dibanding bulan sebelumnya akibat ada tagihan double untuk 3 anggota keluarga.

Cara Bayar BPJS Lewat Tokopedia Lewat HP Android

Pada dasarnya proses pembayaran tagihan BPJS kesehatan di Tokopedia tidak jauh berbeda dengan saat kita membeli pulsa, token listrik, paket data dan tagihan lainnya dan untuk lebih lengkapnya silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP kamu.
  2. Pilih tab BPJS lalu pilih Kesehatan
  3. Kemudian masukan nomor peserta BPJS yang akan dibayar lalu pilih tombol BELI.
  4. Periksa kembali apakah tagihan sudah benar terutama nama peserta dan jumlah anggota keluarga yang terdaftar, jika sudah benar pilih tombol Lanjut.
  5. Langkah selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan, bisa lewat transfer bank jika ingin bayar via atm, sms banking, interent banking.
  6. Selesaikan pembayaran sesuai dengan metode yang kamu pilih, karena saya pilih Lewat Transfer bank maka saya harus melakukan transfer ke rekening Tokopedia setelah itu menunggu sekitar 20 menitan untuk proses verifikasi pembayaran.

Jika pembayaran berhasil maka kita akan segera mendapat pemberitahuan via email yang terdaftar ke Tokopedia selain itu kita juga bisa cek status transaksinya melalui menu BPJS lalu tap menu yang dipojok kanan atas lalu pilih Daftar Transaksi.

Baca juga : Cara Cetak E-ID BPJS Sendiri.

Cara lain untuk mengetahui apakah pembayaran BPJS Kesehatan via Tokopedia sudah berhasil atau belum adalah dengan mengecek tagihan secara online atau melalui aplikasi Mobile JKN karena setelah selesai membayar maka tagihan akan langsung berubah menjadi nol seperti terlihat pada gambar berikut.

Gambar kiri adalah sebelum saya melakukan pembayaran iuran BPJS lewat Tokopedia dan yang kanan adalah beberapa saat setelah pembayaran selesai, terlihat tagihan pada aplikasi sudah berubah menjadi 0.

Advertisement

Kesimpulannya, pembayaran BPJS Kesehatan lewat Tokopedia itu sangat mudah tidak jauh berbeda dengan saat belanja biasa dan setelah selesai dibayar maka tagihan akan langsung lunas, namun metode pembayaran ini tidak disarankan bagi peserta yang baru daftar dan ingin bayar tagihan pertama karena saat akan cetak kartu BPJS di kantor cabang akan ditanya struk bukti pembayarannya jadi baiknya bayar via alfa, indomaret atau atm saja.