Pengalaman Mengatasi Alarm Mobil Toyota Vios Sering Bunyi Sendiri

Alarm mobil bunyi sendiri tentu bukan hal menyenangkan terutama jika saat kita parkir di perumahan yang pada dan tiba-tiba alarm mobil berbunyi tanpa sebab seperti yang belum lama saya alami dengan mobil toyota vios 2007 A/T.

Entah apa penyebabnya tetapi kalau tidak salah ingat kejadian pertama yaitu selepas magrib, saya dikagetkan dengan suara alarm mobil yang berbunyi lumayan keras, awalnya saya kira ada kucing atau ada kendaraan lain yang lewat terutama motor dengan knalpot berisik, ternyata setelah dicek tidak ada apa-apa.

Advertisement

Kejadian kedua alarm vios tiba-tiba bunyi sendiri kira-kira setelah 30 menitan parkir, dan lagi-lagi kejadiannya didepan rumah yang sepi. Karena takut menganggu dengan terpaksa saya tidak menggunakan alarm dan mengunci mobil dengan kunci manual.

Karena mulai kurang nyaman, akhirnya coba mencari informasi apa saja penyebab alarm vios bunyi sendiri karena setelah tanya ke teman ternyata mereka tidak terlalu mengerti dengan sistem alarm vios yang sudah menggunakan system Immobilizer.

Hasil yang saya dapat penyebabnya yang paling sering membuat alarm berbunyi sendiri adalah sensitivitas getar, selan itu bisa juga karena saklar lampu pintu atau sensor pintu yang sudah tidak bekerja secara maksimal.

Akhirnya saya periksa sensor-sensor pada pintu ternyata semuanya masih berfunsi dengan baik, tetapi lagi-lagi alarm toyota vios tersebut berbunyi lagi, kali ini kejadiannya di parkiran salah satu tempat perbelanjaan.

Karena penasaran dan belum berniat membawa ke bengke resmi akhirnya saya coba mencari tahu dimana letak sensor getar alarm vios untuk mengatur tingkat sensitifitas.

Tanpa sengaja saat mengganti sendiri head unit yang suaranya sember dan melihat ke bagian rem tangan, saya coba buka panel yang menutupi rem tangan dan ternyata disitulah letak sensor getarnya berupa sebuah alat yang berbentuk kotak berwarna hitam dengan sebuah lampu led merah dan menyala saat kita sentuh, dan untuk mengurangi tingkat sensitifitasnya kita tinggal putar ke kiri (berlawanan dengan arah jarum jam), jika kurang jelas silahkan lihat berikut.

Setelah diputar ke kiri, ternyata sampai hari ini masalah alarm vios suka berbunyi sendiri tanpa sebab teratasi. Kalau tidak salah sudah hampir 1 minggu akhirnya saya bisa kunci lagi mobil kesayangan menggunakan remote, tidak lagi manual menggunakan anak kunci.

Catatan : Tidak ada jaminnan dengan mengurangi tingat sensitif pada sensor getar alam mobil sobat akan berhenti bunyi sendiri, jadi jika sobat sudah ikuti cara yang saya jelaskan tetapi masih bermasalah sebaiknya langsung bawa saja ke bengkel resmi.

Bagi sobat pembaca yang belum tahu bagaimana cara mengatur sensor getar pada Toyota Vios 2007 berikut adalah langkahnya.

  1. Buka panel paling bawah bagian head unit/AC seperti terlihat pada gambar berikut.
  2. Setelah panel bawa AC terbuka selanjutnya buka panel tuas perseneling dengan cara agak sedikit congkel menggunakan ujung jari, setelah terbuka lanjutkan dengan buka panel yang menutup rem tangan.
  3. Terakhir putar sensor getar ke arah kiri menggunakan obeng min, dan setelah selesai pasang kembali semua panel tersebut dengan urutan terbalik.
  4. Jika sudah selesai, coba kunci mobil menggunakan remote dan perhatikan apakah alarm masih bunyi sendiri atau tidak, jika masih bunyi coba kurangi lagi sensitifitas sensor getar.

Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada jaminan cara diatas akan mengatasi masalah alarm mobil vios sering bunyi sendiri. Tetapi tidak ada salahnya jika sobat coba dulu sebelum membawa mobil kesayangan ke bengkel.

Dari pengalaman saya, setelah mengurangi kepekaan pada sensor getar ternyata cukup berhasil membuat alarm mobil toyota vios kembali senyap.

Advertisement

Selamat mencoba & semoga bisa bermanfaat, jangan lewatkan tulisan lainnya yaitu cara membuka head unit bawaan vios 2007.

Latest Comments
  1. ruzaini b a.rahman August 23, 2016
    • Opik August 23, 2016