Pengalaman Pakai Ban Dunlop SP Touring R1

Tiba saatnya ban mobil sedan vios 2007 harus diganti karena sudah tidak nyaman lagi, dan akhirnya pilihan jatuh pada ban dunlop sp touring R1 yang dibandrol dengan harga 600.000 rupiah sudah termasuk ongkos pasang dan balancing.

Niat awalnya saya mau mengganti GT Champiro BXT dengan ban dunlop SP Sport LM704 karena dari beberapa review dan pengalaman pengguna sepertinya LM 704 cukup recomended.

Advertisement

Tetapi setelah tiba di toko penjual ban daerah Cibinong Kab Bogor, dunlop LM704 185/60 R15 stoknya hanya sisa 1 padahal saya ingin mengganti 4 ban sekaligus dengan alasan agar lebih terasa efeknya selain itu karena memang ban lama (Champiro BXT) sudah mulai retak-retak kecil (rambut).

Daripada tidak jadi mengganti ban yang sudah tidak nyaman dan terasa keras serta berisik terutama jika melindas jalan kasar maupun paving block, akhirnya saya putuskan memilih Ban Dunlop SP Touring R1 185/60 R15 yang harganya memang lebih murah dibandingkan LM704.

Pengalaman Pakai Ban Dunlop SP Touring R1

Singkat cerita, 4 buah ban pun selesai dipasang dan kalau tidak salah waktu itu oleh orang bengkel diisi tekanan angin (nitrogen) sekitar 33psi depan dan belakang sama (dibagian sisi luar ban kalau tidak salah tertulis maksimal tekanannya 50psi).

Setelah selesai dipasang kemudian saya perhatikan ban depan kanan dan kiri yang sebelumnya saat pakai GT Champiro BXT pakai tekanan 34psi tapi masih terlihat kempes tetapi setelah pakai dunlop R1 tidak demikian padahal cuma diisi 33psi, berikut adalah penampakannya (maaf gambar kurang jelas karena foto diambil pakai HP jadul dan malam hari pula)

Jadi berdasar pengalaman saya, saat masih pakai GT Champiro BXT walau diisi nitrogen 35psi tapi masih terlihat kempes dan ban lumayan keras apalagi saat melindas polisi tidur atau lubang, sedangkan jika diisi 32-33 memang terasa agak empuk tetapi setir mobil terasa berat dan saat menikung lumayan terasa miring.

Saya kurang tahu apakah memang karakter Champiro BXT begitu atau karena usia ban sudah lama, karena memang semuanya ban bawaan dari mobil second yang saya beli.

Berbeda dengan Dunlop SP Touring R1 walau diberi tekanan angin 33psi tetapi tidak terlalu kelihatan kempes dan setir terasa enteng, begitu juga saat menikung tidak terlalu terasa miring.

Catatan : untuk perbandingan Champiro BXT VS Dunlop SP Touring R1 saya tidak bisa memberikan info lebih banyak karena seperti saya sebutkan diatas, ban Champiro BXT itu bukan saya pasang baru melainkan bawaan mobil second dan tidak tahu sudah berapa lama dipakai.

Kesan Pakai Ban Dunlop SP Touring R1 185/60 R15

Jika disimpulkan secara singkat berikut adalah kesan selama pakai dunlop r1 selama 2 minggu :

  1. Harga lumayan murah. jika dibandingkan dengan Champiro BXT. Tetapi untuk harga pastinya tentu berbeda-beda tergantung ukuran, dan toko yang menjual. Jika ingin mencari yang paling murah mungkin anda bisa membeli secara online karena setelah saya cek harganya hanya sekitar 560.000 – 570.000 sedangkan saya beli 600.000.
  2. Ban empuk, walaupun melindas jalan tidak rata terutama aspal yang kasar sudah terlihat batu-batu kerikilnya. Begitu juga saat melewati jalan berlubang maupun polisi tidur.
  3. Tidak bising, sebelumnya saat melewati paving blok atau jalan aspal kasar pasti keluar suara gemuruh tetapi setelah pakai Dunlop SP Touring R1 suara gemuruh tersebut berkurang 90% alias lebih senyap.
  4. Tampilan sporty, walau harganya murah tetapi menurut saya tampilan ban ini cukup keren dengan telapak 4 rib dan 3 alur lebar.
  5. Ada suara nging/mendesing, mungkin ini salah satu kekurangan atau entah karena karakter ban dari komponennya tetapi saat melewati jalan mulus dengan kecepatan agak tinggi terdengar ada suara nging atau mendesing etahlah apa namanya yang jelas ada suara tidak seperti ban sebelumnya.

Jika disingkat lagi, kesan pakai ban dunlop SP Touring R1 185/60 R15 ini cukup nyaman (comfort) tidak bising, akselerasi masih bisa didapat karena yang saya rasakan tarikan mobil lebih enteng dibanding sebelumnya, jadi cukup cocok bagi yang mencari ban mobil murah untuk penggunaan harian baik dijalan mulus maupun kasar atau bahkan berlubang seperti yang saya lewati setiap hari saat mengantar anak ke sekolah.

Itulah sedikit pengalaman dari pemula yang baru mencoba ban dunlop SP Touring R1 untuk VIOS. Saya bukan ahli otomotif atau ban tetapi hanya pengguna pemula. Untuk masalah spek maupun gambar lebih lengkap silahkan googling saja.

Advertisement

Semoga tulisan sederhana ini bisa sedikit membantu, terutama bagi yang sedang mencari ban mobil terbaik dengan harga murah, tetapi saya sarankan sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya cari informasi lebih banyak lagi terutama di forum-forum yang membahas otomotif.

Latest Comments
  1. Andy February 6, 2017
    • Opik February 6, 2017
  2. Andy February 6, 2017