Pengalaman Servis Oli Mesin Mobil Rembes Pada Bagian Atas Mesin

Ketika melihat oli mesin mobil rembes pada bagian atas mesin tepatnya dibagian kanan dekat cover dan kiri dekat dengan baut untuk mengengcangkan v-belt awalnya saya kira itu karena tumpahan oli saat ganti terakhir dan dari cairan belt dressing yang terlalu banyak.

Tetapi setelah dilap sampai kering dan cek lagi beberapa hari kemudian ternyata pada bagian tersebut basah lagi dari rembesan oli.

Advertisement

Karena saya tidak mengerti sama sekali tentang mesin mobil akhirnya saya googling dan dari info yang saya dapatkan, biasanya oli mesin mobil rembes dari bagian atas itu penyebabnya adalah seal cover cylinder head yang sudah rusak atau getas sehingga oli menetes atau bocor.

Sehingga untuk mengatasinya mau tidak mau harus ganti packing/perpak tutup klep tersebut dan caranya sebetulnya tidak sulit namun karena saya tidak mau ambil resiko akhirnya pilih bawa ke bengkel terdekat saja dan berikut ini pengalaman serta biaya perbaikan oli mesin rembes di bagian atas atau cylinder head cover.

Pengalaman Servis Oli Mesin Mobil Rembes Pada Bagian Atas Mesin

Pertama-tama buka cover plastik penutup mesin lalu koil dan juga selang-selang yang menempel. Setelah itu buka baut cover cylinder head menggunakan kunci 10. Setelah terbuka bentuknya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Kemudian lepaskan packing set yang menempel, dan berikut ini adalah gambar paking klep vios yang sudah dilepas, ketika saya cek memang sudah mengeras ada ada bagian-bagian yang gompal-gompal kecil jadi tidak heran kalau ini yang menjadi penyebab oli mesin mobil rembes dari bagian atas.

Selanjutnya bersihkan cover head dari kotoran atau kerak-kerak oli yang menempel, waktu dibengkel saya lihat mekaniknya membersihkan dengan cara mencuci pakai sabun colek dan sikat besi.

Setelah bersih lalu keringkan menggunakan kompressor agar tidak ada air yang tersisa.

Langkah selanjutnya adalah memasang packing klep tersebut pada cover head dan jangan lupa beri sealant. Setelah paking terpasang berikutnya adalah pasang kembali cover silinder head ke tempatnya.

Kalau dihitung-hitung pengerjaan perbaikan oli rembes dari bagian atas cylinder head toyota vios ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dan biaya servisnya tidak terlalu mahal karena hanya biaya jasa sekitar 50-100ribuan tergantung bengkelnya ditambah biaya pembelian paking dengan harga antara 150-210 ribu yang original. Baca juga : cara mengatasi bunyi mendecit saat mesin dihidupkan.

Untuk harga memang berbeda-beda karena saat saya cek di toko online penjual sparepart toyota harganya hanya 133.000 sedangkan di bukalapak dan tokopedia bervariasi antara 200-260ribu dan saya sendiri beli dibengkel kena 210.000.

Advertisement

Maaf jika penjelasannya kurang detail tetapi pada intinya anda tidak perlu panik ketika melihat bagian atas mesin mobil basah oleh rembesan oli, jika tidak bisa bongkar sendiri maka ada baiknya bawa ke bengkel karena biaya servisnya tidak mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *