Percepat Loading Blog WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack

Ada banyak cara untuk mempercepat loading blog yang lambat diantaranya mengurangi komponen javascript dan css yang tidak diperlukan, dan mengoptimalkan ukuran gambar, namun itu saja tidak cukup terutama untuk javascript (js) dan gambar.

Semakin banyak file js yang digunakan pada theme suatu blog tentu akan semakin membuat loading lambat apalagi jika pada saat bersamaan ada puluhan bahkan ratusan user online tentu ini akan menambah parah.

Advertisement

Bagi blogger yang tidak terbiasa dengan coding untuk memodifikasi css maupun javascript agar pindah ke footer sehingga tidak langsung diload saat pertama kali halaman blog dibuka maka bisa mencoba alternatif paling mudah yaitu dengan menggunakan plugin Speed Booster Pack.

Fungsi dari plugin Speed booster pack adalah mengomptimalkan blog WordPress sehingga bisa load lebih cepat dengan cara lazy load gambar sehingga gambar tidak akan langsung muncul sampai user scroll kebawah, memindahkan file js ke footer, Remove query strings dan sebagainya.

Bagi kamu yang suka tes kecepatan blog dengan GtMetrix pasti sudah tidak asing lagi dengan Remove query strings, dan Defer parsing of javascript files, nah dengan plugin speed boster pack kedua masalah ini dapat diatasi dengan mudah tanpa perlu mengubah koding sedikit pun.

Peringatan : sebaiknya hati-hati sebelum menggunakan plugin ini karena bisa membuat blog menjadi berantakan jika ada bentrok dengan script lain, jadi saya sarankan coba dulu dilocalhost sebelum mencoba di blog yang kamu punya.

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Speed Booster Pack

Langkah pertama, install lalu aktifkan plugin speed booster pack setelah itu buka pengaturan atau settings lalu aktifkan beberapa fitur yang diperlukan seperti terlihat pada gambar berikut.

Percepat Loading Blog WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack

Apa Saja Yang Perlu Diaktifkan?

Jika masih bingung apa saja yang perlu diaktifkan silahkan lihat gambar diatas, namun khusus untuk Remove extra Font Awesome style tidak dicentang karena jika dicentang maka font awesome tidak akan muncul sehingga jika pada theme kamu menggunakan font ini maka hasilnya hanya akan muncul kotak-kotak seperti tulisan huruf jepang.

Selain itu jika sudah menggunakan plugin lazy load sebaiknya nonaktifkan plugin tersebut dan gantikan dengan fitur dari Speed boster.

Apa Pengaruhnya Setelah Menggunakan Speed Booster Pack?

Untuk tahu seperti apa efeknya, silahakan lakukan pengetesan dengan gtmetrix dan lihat ada perbedaan atau tidak. jika belum banyak perubahan cek kembali apa saja yang masih membuat skor Gtmetrix buruk.

Dari pengalaman selama menggunakan plugin WordPress speed booster pack, hasilnya cukup memuaskan terutama untuk fitur lazy load sehingga loading halaman utama maupun artikel blog yang memiliki gambar dengan ukuran lumayan besar tidak terasa lambat lagi.

Advertisement

Penting, plugin ini hanya menjadi satu faktor saja yang bisa mempercepat loading blog jadi jika kamu sudah install lalu mengaktifkan tetapi tidak melihat ada perubahan sebaiknya periksa beberapa faktor lain yang memberatkan loading blog, paling mudah lakukan pengetesan dengan GtMetrix lalu lihat pada bagian mana saja yang mendapatkan skor buruk setelah itu lakukan perbaikan satu persatu.