Perdana Telkomsel Tidak Bisa Internet, Mungkin Ini Sebabnya

Pernah mengalami perdana Telkomsel tidak bisa internet walaupun ada jaringan 3G atau 4G? kalau admin sudah pernah tepatnya 2 kali dan kejadiannya selalu sama yaitu pada kartu internet 30Gb yang banyak dijual di konter penjual pulsa.

Sempat berpikir kalau yang bermasalah adalah modemnya karena kalau disimpan dimodem perdana internet 4G tersebut memang mendapat sinyal jaringan yang lumayan tetapi tidak bisa konek, setiap kali tekan tombol connect hanya muter-muter loading lalu putus lagi.

Advertisement

Akhirnya admin coba pindahkan ke HP Android 4G, setelah dipasang hasilnya jaringan terbaca normal dan ada logo Telkomsel 4G yang seharusnya bisa dipakai untuk mengakses internet tapi tetap saja tidak bisa internet walaupun tulisan 4G muncul.

Perdana Telkomsel Tidak Bisa Internet, Apakah Ini Penyebabnya?

Dari beberapa artikel yang admin baca, ada yang punya pengalaman penyebab kartu Simpati tidak bisa internetan karena tidak ada pulsanya tapi admin kurang yakin dengan argumen ini karena tidak mungkin penjualnya pasti akan memberi tahu kalau harus isi pulsa dulu sebelum bisa dipakai.

Apakah masa aktif nomor Telkomsel tersebut habis? tidak juga setelah admin cek masa aktifnya masih dua bulan lagi dan yang terakhir dari beberapa pengalaman orang lain yang tidak bisa internet pakai Simpati atau Simpati Loop biasanya karena belum memasukan kode konter saat registrasi tapi lagi-lagi admin sudah pastikan kepada penjualnya untuk melakukan registrasi sebelum admin beli.

Karena masalah pulsa nol, masa aktif dan belum memasukan kode konter bukan penyebabnya akhirnya admin Googling lagi dan ternyata ada satu hal yang belum dicoba yaitu mengaktifkan layanan GPRS pada perdana internet tersebut dengan cara dial ke nomor *363*213# kemudian nanti akan mendapat sms pemberitahuan setelah itu aktifkan mode pesawat beberapa saat lalu matikan lagi.

Hasilnya ampuh, kartu Simpati bisa internetan lagi walau pulsa masih nol.

Jadi jika disimpulkan ternyata salah satu penyebab kartu Simpati baru tidak bisa internetan karena belum mengaktifkan layanan GPRS.

Baca juga : cara beli paket Simpati di MyTelkomsel.

Pengalaman Mengatasi Perdana Internet Simpati Tidak Bisa Internetan

  1. Aktifkan layanan GPRS dengan cara dial ke *363*213# kemudian pilih 1. Lanjut
  2. Tunggu sms pemberitahuan yang menyatakan GPRS sudah aktif. 
  3. Matikan data dengan cara aktifkan mode peswat dan tunggu sekitar 1 menitan setelah itu non aktifkan lagi mode pesawat agar data aktif. Terakhir silahkan tes kembali apakah sudah bisa dipakai untuk akses internet atau belum, harusnya jika penyebabnya sama dengan yang admin alami maka cara diatas bisa mengatasinya.

Catatan : admin sudah 2x mengalami hal yang sama jadi sudah 2x mencoba cara diatas dan berhasil.

Jika cara diatas belum berhasil silahkan restrat HP anda lalu perhatikan juga apakah jaringannya normal atau tidak, kalau tidak mendapat sinyal ya sudah tentu tidak akan bisa internet tapi kalau ada jaringan 4G seperti admin maka kemunginan besar masalahnya sama yaitu harus dial ke nomor *363*213# terlebih dahulu.

Disclaimer, admin tidak menjamin cara diatas akan berhasil jadi jika sudah mencoba cara diatas belum bisa mengatasi perdana Simpati tidak bisa dipakai untuk akses internet juga sebaiknya langsung hubungi cs Telkomsel untuk mencari tahu penyebabnya.

Advertisement