Review PDFSAM Portable PDF Split and Merge Basic Edition

Kali ini saya akan mencoba melakukan review singkat terhadap PDFSAM Portable PDF Split and Merge Basic Edition yaitu sebuah aplikasi gratis portable untuk memisah dan menggabungkan file PDF dengan mudah dan cepat tanpa perlu install.

Karena portable maka untuk menggunakannya kita tidak perlu melakukan proses install terlebih dahulu sehingga aplikasi ini juga bisa kita bawa dalam USB tetapi perlu diketahui PDFSAM pdf split and merge basic ini membutuhkan Java Runtime Environment (JRE) untuk bisa berjalan.

Advertisement

Jadi jika JRE belum terpasang pada pc kamu, saat akan menjalankan aplikasi akan muncul pesan dan jika pilih OK akan terbuka situs java untuk menginstall. Alternatif lain jika mencari software yang ringan dan mudah digunakan maka bisa menggunakan PDFBinder.

Download PDFSAM Portable PDF Split and Merge Basic Edition

Bagi yang ingin mencoba aplikasi ini, bisa langsung unduh dari halaman berikut Download PDFsam Basic kemudian pilih portable package. Selanjutnya ekstrak lalu jalankan file pdfsam.exe sehingga muncul aplikasi dengan tampilan utama seperti dibawah ini.

Cara Menggunakan PDFSAM PDF Split and Merge

Setelah download kemudian jalankan lalu pilih apa yang ingin kita lakukan, jika ingin menyatukan file pdf maka pilih merge sedangkan untuk memisahkan menjadi beberapa halaman pilih Split.

Selanjutnya pilih file yang ingin diproses, pada kali ini saya akan mencontohkan Merge dari beberap file dan langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Merge.
  2. Kemudian klik Add atau drag and drop file yang ingin disatukan.
  3. Kamu juga bisa mengubah urutan penggabungan dengan cara pilih file pada list diatas lalu pilih Move UP atau Move Down.
  4. Tentukan lokasi folder penyimpanan dengan cara klik Browse pada Destination File lalu pilih folder yang diinginkan.
  5. Terakhir klik tombol Run dan tunggu sampai selesai.

Bagaimana Cara Untuk Split Atau Memisahkan File PDF?

Caranya hampir sama dengan langkah diatas, bedanya kita pilih Split lalu pilih file PDF yang ingin dipisahkan menjadi beberapa halaman berbeda.

Keterangan:

  • Split setting : silahkan pilih metode pemisahan yang diinginkan misal ingin dipisah setiap halaman maka pilihlah Split after : Every page.
  • Destination directory : lokasi untuk menyimpan hasil.
  • File name settings : nama awalan file yang akan dibuat setelah dipisahkan.

Terkahir jika yakin sudah benar melakukan pengaturan klik Run dan tunggu sampai selesai.

Setelah mencoba beberapa kali aplikasi PDFSAM Merge and Split Basic dapat disimpulkan aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan bagi yang membutuhkan software ringan untuk keperluan menyatukan atau memisahkan file PDF.

Dengan kelebihan gratis, mudah digunakan serta tersedia berbagai versi mulai dari installer maupun portable, sayangnya untuk fitur merge tidak terlalu lengkap jika dibandingkan dengan smallpdf maupun Adobe Acrobat yang mana kita bisa pilih dengan mode halaman sehingga saat akan menggabungkan file PDF kita bisa tentukan halaman mana saja yang ingin digabung bukan hanya per file.

Kesimpulan : aplikasi ini cocok bagi kamu yang membutuhkan software gratis untuk memisahkan atau menggabungkan file pdf dengan mudah dan cepat, tidak perlu diinstall merupakan salah satu keunggulan dari PDFSAM basic namun minusnya adalah membutuhkan JRE sehingga walaupun portabel dan bisa dijalankan dari USB tetapi sepertinya tidak pada semua PC kita bisa jalankan kecuali PC tersebut sudah terinstall Java Runtime Environment.

Advertisement

Alternatif lain bagi yang tidak ingin repot bisa memilih pdf merge online dari smallpdf atau jika menggunakan Adobe Acrobat PRO.