Tidak Sampai 2 Jam Perpanjang SIM di Cibinong, Pengalaman

Ternyata hanya butuh sekitar 2 jam kurang perpanjang sim di Cibinong kabupaten Bogor, tepatnya di Polres Bogor, ko bisa cepat? bukannya antrinya lama? ya antri pasti lama jika kita datang sudah agak siang atau diatas jam 8 pagi tapi kalau mau cepat seperti pengalaman saya maka usahakan datang sebelum jam 8 pagi.

Loket perpanjangan sim di kabupaten Bogor buka jam dari 8 sampai 11, oleh karena itu jika kita datang sebelum loket buka dan dokumen persyaratan perpanjangan sim sudah lengkap langsung saja menuju ke tempat perpanjangan sim dan simpan map dokumen tersebut di loket walau belum dibuka.

Advertisement

Penting, jika anda belum punya e-ktp karena blanko kosong sehingga belum jadi maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu : resi atau surat keterangan pengganti ktp-el sementara dari kecamatan (asli atau copy yang sudah dilegalisir) dan copy kartu keluarga, untuk lengkapnya silahkan baca disini.

Cara Cepat Perpanjang SIM di Cibinong – Hanya 2 Jam

  1. Persiapkan puplen dan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat perpanjangan sim yaitu sim asli dan e-ktp atau resi e-ktp + KK.
  2. Datang pagi-pagi misalnya jam 7:30 WIB kemudian pergi ke tukang foto copy yang ada disebelah kiri sebelum mesjid, kemudian foto copy sim, e-ktp dan beli map berwarna biru.
  3. Setelah selesai langsung bergegas ke belakang untuk tes kesehatan, persiapkan uang 30.000 rupiah.
  4. Jika surat keterangan sehat sudah didapat langsung jalan ke bagian perpanjangan sim, lokasinya ada di dekat tempat ujian teori ke sebelah kiri dan simpan map di loket pendaftaran.
  5. Tunggu loket buka dan nanti akan dipanggil kemudian diberi name tag atau tanda pengenal.
  6. Tunggu panggilan lagi untuk melakukan pembayaran biaya perpanjangan sim c 75.000 dan A 80.000 kemudian segera isi formulir permohonan sim, isi form ini dengan cepat karena akan mempengaruhi nomor antrian. (isi saja yang anda tahu dan jika bingung disana disediakan contohnya). Karena saya cepat mengisinya akhirnya dapat nomor antrian 5 padahal teman disebelah yang datang lebih pagi dapat antrian 10 itu karena saya lebih cepat mengisi formulirnya dan lebih cepat untuk difoto tentuny, berikut contoh no antriannya.
  7. Jika form sudah selesai diisi segera kembalikan ke loket pembayaran dan ambil nomor antrian untuk foto.
  8. Tunggu panggilan foto, biasanya masuk langsung 10 orang walau didalam petugasnya cuma 1.
  9. Begitu masuk ruangan foto, tanda tangan nomor antrian tersebut dibagian belakangnya dan tunggu giliran.
  10. Setelah selesai foto, tunggu sim selesai dan nanti akan dipanggil diloket pemberian sim.

Jika dihitung sejak loket dibuka sampai selesai (sim C diberikan) maka waktunya tidak sampai 2 jam karena pada pukul 9:45 proses perpanjangan sim saya sudah selesai, cepat bukan?

Jelas ini akan berbeda jika kita datang tepat jam 8 karena sudah banyak orang antri belum lagi harus foto copy dan tes kesehatan, jadi akan makin lama anda memberikan map ke loket pendaftaran seperti yang saya alami 1 hari sebelumnya yang datang sekitar jam 8:30 ternyata sudah sangat ramai dan gagal perpanjang sim karena tidak punya e-ktp dan harus ke kantor kecamatan dulu.

Syarat Perpanjangan SIM

  1. SIM asli yang masih berlaku.
  2. Foto copy e-ktp atau jika belum jadi e-ktp nya maka syaratnya resi asli atau copy yang sudah dilegalisir + foto copy KK.
  3. Surat keterangan sehat.

Berapa Biaya Perpanjangan SIM C, A di Cibinong?

Saat tulisan ini dibuat, Februari 2017 tarifnya adalah 75.000 untuk perpanjang sim c dan 80.000 untuk sim A. Sedangkan tarif pembuatan sim baru adalah SIM C 100.000 dan SIM A 120.000.

Jika ditotal dengan biaya tes kesehatan silahkan tambahkan 30 ribu rupiah, dan kadang saat tes kesehatan kita diminta untuk bayar asuransi juga kalau tidak salah dari PT Asuransi Bhakti Bhayangkara (ABB) sebesar 30.000 tapi waktu saya kemarin tidak diminta bayar namun teman saya yang ketemu di Polres tadi pagi diminta bayar asuransi.

Advertisement

Jika disimpulkan proses perpanjang sim di Cibinong Kabupaten Bogor tidaklah sulit bahkan bisa cepat asalkan kita mau datang pagi-pagi, karena kalau sudah agak siang jelas antriannya banyak apalagi jika datang jam 11 keatas jelas loket pendaftaran sudah tutup.