Update WordPress 4.5 Apa Saja Yang Baru?

Beberapa hari lalu WordPress melakukan update lagi ke WordPress 4.5 dan seperti kita tahu setiap update biasanya selain ada perbaikan bug akan ada juga tambahan fitur dan salah satu yang tampak sangat berbeda adalah saat kita akan menyisipkan link pada postingan.

Jika pada versi lama saat kita akan membuat interlink atau intenal link ke postingan lain akan muncul form, maka pada WordPress 4.5 tidak lagi karena sudah berubah menjadi lebih simpel.

Advertisement

Tidak hanya perubahan pada saat akan menambahkan link tetapi yang cukup menarik adalah pada bagian theme, karena saat ini ada tambahan preview untuk desktop, tablet dan smartphone sehingga memudahkan kita saat akan melakukan kostumisasi tema wordpress dan bisa melihat langsung seperti apa tampilannya di berbagai perangkat yang berbeda.

Beberapa Fitur Baru Pada Update WordPress 4.5

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas dua perubahan penting pada WordPress 4.5 yaitu opsi Insert/edit link dan preview tampilan tema WordPress pada berbagai perangkat.

#1 – Insert/edit Link

Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, saat kita akan menambahkan link pada postingan maka akan muncul sebuah kotak kecil kemudian untuk mencari link yang diinginkan kita tinggal ketik kata kunci / judul artikel lama yang ingin dibuat menjadi link kemudian akan muncul judul-judul artikel setelah itu kita tinggal pilih link ke artikel yang diinginkan.

Beberapa Fitur Baru Pada Update WordPress 4.5

Setelah selesai kita tinggal klik Apply (tombol biru) seperti tampak pada gambar berikut.

Update WordPress 4.5 Apa Saja Yang Baru?

#2 – Preview Theme Pada Berbagai Perangkat

Satu lagi perubahan pada update WordPress kali ini adalah adanya preview tema untuk melihat tampilan pada desktop, tablet dan juga smartphone atau ponsel.

Untuk bisa melihat fitur ini caranya buka menu Appearance – Customize kemudian lihat dibagian bawah. Untuk melihat seperti apa tampilan theme wordpress kita di ponsel (HP) tinggal klik icon smartphone.

Preview Theme Pada Berbagai Perangkat

Fitur ini cukup berguna terutama saat kita ingin cek apakah template wordpress kita responsive atau tidak tanpa perlu menggunakan layanan pihak ke 3 seperti sebelumnya.

Advertisement

Itulah dua poin penting yang perlu kamu tahu pada update WordPress 4.5 kali ini, untuk info lebih jelas tentang perubahan lainnya maka bisa baca langsung di halaman resmi berikut ini.

Latest Comments
  1. Chandra May 9, 2016