Akhirnya WhatsApp Android Bisa Video Call

Sedikit kabar gembira bagi pengguna WhatsApp Android karena sekarang sudah bisa melakukan video call atau panggilan video sehingga kita bisa langsung bertatap muka atau melihat wajah saat berkomunikasi via video chat di aplikasi WhatsApp tanpa harus bertemu langsung.

Walau baru tersedia untuk versi beta tetapi setidaknya penambahan fitur ini akan semakin memperkuat persaingan antar aplikasi pesan instan di smartphone, karena seperti kita tahu sebelum WhatsApp, BBM sudah lebih dulu memperkenalkan fitur panggilan video.

Advertisement

Hampir sama dengan panggilan suara, video call WhatsApp gratis tetapi tentu saja akan membutuhkan koneksi paket data dan saya kurang tahu berapa besar paket data yang akan dikonsumsi saat melakukan panggilan video ini.

Baiklah bagi yang penasaran atau belum pernah mencoba video calling di WhatsApp Android berikut adalah caranya.

Update : 18 November 2016, sekarang fitur video call di WhatsApp sudah tersedia pada semua pengguna jadi anda tidak perlu lagi menggunakan versi beta.

Bagaimana Cara Video Call WhatsApp Android?

Pertama-tama pastikan kamu maupun penerima panggilan sudah menggunakan versi terbaru (saat ini hanya versi beta yang bisa melakukan panggilan video) kemudian lakukan langkah dibawah ini.

Buka aplikasi WhatsApp kemudian pilih salah satu kontak WhatsApp di HP mu yang ingin dihubungi lewat video chat. Lalu tap icon gagang telepon dan pilih menu video call/panggilan video.Kemudian silahkan tunggu sampai orang yang kita hubungi menerima panggilan video kita dengan cara menggeser gagang telp hijau.

Setelah dianggkat oleh penerima nanti kita bisa langsung melihat wajah orang tersebut dan wajah kita pun akan terlihat oleh kontak yang kita panggil.

Kemarin saya sempat mencoba video call WhatsApp Android ini dengan teman dan hasilnya kaulitas suara maupun video cukup bagus tidak putus-putus atau terlihat ada delay. Tapi tentu ini tergantung kualitas koneksi internet yang kita gunakan juga.

Kesimpulan sementara, WhatsApp video call saat ini baru tersedia untuk versi beta dan jika ingin mencoba maka kamu bisa coba install menggunakan file apk yang bisa didownload dari situs apkmirror atau bergabung dengan beta tester.

Selain itu untuk menerima video call kita juga harus menggunakan WhatsApp yang sudah mendukung panggilan video karena jika tidak maka orang tidak akan bisa memanggil lewat video chat.

Advertisement