WhatsApp, Cara Hemat Kuota Internet Saat Chat

Opikini.com – WhatsApp sampai saat ini masih menjadi salah satu aplikasi pesan instant yang paling populer dengan jumlah pengguna terus bertambah terutama setelah dibeli Facebook dan akhirnya gratis biaya langganan.

Advertisement

Tidak mengherankan jika pengguna WhatsApp terus bertambah karena jika kita kembali ke belakang terutama sebelum 2015 maka pasti kamu tahu ada banyak fitur tambahan yang mereka berikan, seperti voice call, bisa digunakan di PC dengan web browser, biaya langganan dihapus, jumlah maksimal anggota grup bertambah menjadi 250.

Nah karena semakin banyak yang pakai WhatsApp tidak jarang orang akhirnya lebih suka membuat grup WA dibandingkan BBM, tetapi yang menjadi masalah adalah semakin banyak grup yang kita ikuti apalagi jika sering ada yang upload video, gambar maupun suara.

Selain membuat batre HP menjadi cepat habis karena WhatsApp aktif terus, kuota paket internet pun biasanya akan lebih boros dibanding sebelumnya.

Tetapi tidak perlu khawatir karena dengan cara sederhana kita bisa lakukan sedikit penghematan kuota internet di Android saat digunakan untuk WhatsApp yaitu dengan mencegah atau mengatur agar gambar, video dan suara tidak otomatis download dan tersimpan ke gallery HP.

Beginilah Cara Mudah Hemat Kuota Internet HP Android Saat Chat di WhatsApp

Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp di ponsel pintar kamu, kemudian pilih Menu Settings atau pengaturan dari HP, lalu pilih Chat and calls.

Selanjutnya pilih Media auto-download kemudian tap/tekan pada menu When using mobile data dan silahkan lakukan perubahan pengaturan sesuai keinginan.

Jika tidak ingin otomatis download maka buang centang pada images, audio dan video lalu OK.

Apa yang terjadi setelah melakukan pengaturan seperti diatas? yang akan terjadi adalah setiap ada kontak yang kirim gambar, suara maupun video lewat WhatsApp chat maka kita hanya akan melihat notifikasi saja.

Gambar yang dikirim akan terlihat blur dan jika memang perlu atau ingin melihatnya kamu tinggal unduh dengan cara pilih icon panah arah bawah.

Memang simpel tapi bayangkan jika kamu mengikuti sebuah grup WhatsApp yang sangat aktif dan sering ada anggota yang kirim upload gambar maupun video maka sudah pasti jika kita tidak ubah seperti cara diatas maka kuota akan cepat habis hanya untuk unduh gambar yang kadang tidak terlalu penting.

Advertisement

Itulah sedikit tips cara menghemat kuota internet di WhatsApp chat, semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya.