WhatsApp Perkenalkan Verifikasi 2 Langkah, Apa Fungsinya?

WhatsApp beta baru saja mendapat satu fitur lagi yaitu verifikasi 2 langkah atau two-step verification yang berfungsi untuk mencegah kita atau orang lain mendaftarkan nomor hp ke WhatsApp tanpa memasukan kode sandi 6 angka yang kita buat.

Advertisement

Misalnya kita hapus akun WhatsApp kemudian coba daftarkan lagi menggunakan nomor yang sama, maka langkah ini tidak akan berhasil jika kita tidak tahu kode verifikasi 2 langkahnya.

Memang sepertinya tidak terlalu banyak manfaatnya karena kecil kemungkinan ada orang yang mendaftarkan lagi nomor hp yang sudah pernah kita gunakan dan masih aktif.

Namun perlu dicatat, fitur verifikasi 2 langkah ini masih dalam tahap beta jadi masih besar kemungkinan mengalami perubahan atau bahkan mungkin dihilangkan. Baca juga : cara install aplikasi WhatsApp di PC.

Bagaimana Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp?

Saat tulisan ini dibuat fitur two-step verification baru tersedia untuk pengguna beta jadi jika anda ingin mencoba tetapi tidak melihat ada pilihan two-step verification  itu berarti belum tersedia untuk publik, tetapi bagi anda pengguna versi beta dan ingin mencobanya maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkannya.

  1. Install WhatsApp versi beta.
  2. Kemudian jalankan dan pilih menu Setelan atau Settings.
  3. Pilih Menu Akun/Account.
  4. Lalu tap two-step verification atau verifikasi 2 langkah lalu pilih Aktifkan/Enable.
  5. Masukan kode sandi 6 angka lalu verifikasi dengan memasukan kode yang sama.
  6. Masukan juga alamat email aktif agar jika kita lupa kode sandinya bisa direset melalui email.
  7. Terakhir pilih Save/Simpan.

Sedangkan untuk menonaktifkannya caranya hampir sama, yaitu melalui menu setelan – pilih akun – verifikasi 2 langkah dan terakhir tap/pilih Nonaktifkan/Disable. Baca juga cara video call di WhatsApp.

Bagaimana jika lupa kode sandinya? jika suatu saat anda lupa maka bisa reset melalui alamat email yang sudah didaftarkan pada langkah diatas.

Advertisement

Salah satu kelemahan dari verifikasi 2 langkah di aplikasi WhatsApp adalah terlalu mudah untuk dinonaktifkan, karena untuk disable atau nonaktifkan ternyata tidak perlu memasukan kode lagi jadi siapapun yang bisa membuka aplikasi WhatsApp di HP kita bisa dengan mudah menonaktifkan fitur ini.