2 Cara Menghubungkan HP Android ke Tape Mobil

Advertisement

Ada 2 cara menghubungkan HP Android ke tape mobil agar suara musik dari HP bisa terdengar pada speaker mobil yaitu lewat bleutooth dan aux input, yang keduanya akan saya bahas pada tulisan kali ini.

Cara ini mungkin cocok bagi anda yang berlangganan aplikasi musik berbayar seperti spotify, joox dan lainnya dan ingin mendengarkan musik yang sedang diputar melalui tape mobil. Pada contoh kali ini saya menggunakan head unit audio link yang kebetulan sudah memiliki aux input dan juga bluetooth.

Agar bisa menyambungkan HP Android ke head unit yang dibutuhkan adalah kabel aux 3.5mm male to male yang banyak dijual baik online maupun offline serta head unit yang memiliki aux in, sedangkan jika ingin pakai bluetooth yang diperlukan adalah HU yang sudah support bluetooth dan sebuah perangkat / ponsel dengan bluetooth.

#1 Cara Menghubungkan HP Android ke Tape Mobil via AUX

Seperti saya sebutkan diatas, pada kesempatan kali ini yang dipakai adalah head unit merk audio link jadi jika anda menggunakan merk berbeda dan tampilannya tidak sama maka harap maklum, tetapi pada dasarnya langkahnya tidak jauh berbeda dan berikut caranya:

  1. Hubungkan kabel aux ke HP Android lalu nyalakan tape mobil dan hubungkan juga kabel aux ke port aux in.
  2. Kemudian pilih menu AUX atau jika tidak ada pilih menu AV di seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Menghubungkan HP Android ke Tape Mobil via AUX
  3. Terakhir silahkan mainkan salah satu musik di HP dan jika berhasil maka suaranya akan terdengar pada speaker mobil.

Memang cara ini cukup mudah tetapi kelemahannya kita tidak bisa kontrol musik yang diputar dari tape mobil, misalnya ketika ingin mengganti lagu maka harus dilakukan dari HP.

#2 Cara Menyambungkan HP Android ke Head Unit Lewat Bluetooth

Cara kedua ini lebih simpel karena tidak membutuhkan komponen/alat tambahan melainkan hanya bluetooth yang sudah dimiliki oleh tape mobil maupun HP dan langkahnya pernah saya tulis pada artikel ini tetapi bagi yang belum pernah membaca maka akan saya ulas kembali rangkumannya.

  1. Hidupkan bluetooth di HP kemudian buka pengaturannya dan buat visible atau terlihat oleh semua perangkat.
  2. Hidupkan tape mobil dan pilih menu bluetooth (BT).
  3. Cek kembali ponsel anda dan pastikan bluetooth head unit tersebut terbaca dan hp bisa terhubung.ponsel terhubung ke head unit via bluetooth (CAR-KIT)
  4. Setelah berhasil terhubung kemudian silahkan putar musik di hp dan seharusnya suaranya akan terdengar di speaker mobil.
  5. Jangan lupa pilih menu bt music pada head unit agar kita bisa kontrol audio yang sedang diputar di hp langsung dari tape mobil.Memutar Musik Dari HP Ke Tape Mobil

Tidak sulit bukan menyambungkan hp ke tape mobil agar musik yang sedang diputar bisa didengarkan dari speaker mobil.

Advertisement

Pilih cara yang mana? itu tergantung selera anda tetapi menurut saya cara menghubungkan HP Android ke tape mobil lewat bluetooth lebih mudah dan kualitas suaranya pun cukup bagus atau jernih dibandingkan jika kita pakai FM modulator yang memanfaatkan frekuensi radio kosong.