3 Cara Screenshot Satu Halaman Penuh Dengan Mozilla

Advertisement

Tahukah sobat bahwa kita bisa membuat screenshot satu halaman penuh dengan Mozilla tanpa harus menginstall aplikasi atau add-on tambahan karena kita cukup memanfaatkan fitur-fitur yang sudah ada pada web browser tersebut.

Membuat capture atau mengambil screenshot kadang diperlukan ketika kita ingin menyimpan bagian tertentu dari halaman web yang sedang kita buka sehingga nantinya bisa kita lihat kembali secara offline karena file akan tersimpan dalam format gambar tepatnya png.

Walaupun memang ada cara lain untuk menyimpan halaman web agar bisa dibaca kembali tanpa harus konek internet yaitu menyimpan web ke format pdf, tapi itu semua kembali lagi pada kebutuhan atau selera pribadi, dan bagi yang lebih memilih membuat screenshot tanpa aplikasi tambahan di Mozilla maka silahkan ikuti panduan berikut ini.

3 Cara Screenshot Satu Halaman Penuh Dengan Mozilla

Berikut ini adalah beberapa metode untuk menyimpan halaman web full satu halaman dalam format gambar yaitu dengan screenshoot melalui web browser Mozilla Firefox, silahkan pilih salah satu yang dianggap paling mudah.


#1 – Cara Pertama : Menggunakan Command

  1. Buka halaman web yang ingin kita capture dengan Mozilla Firefox.
  2. Tekan Shift + F2 bersamaan kemudian akan muncul seperti gambar berikut diatas status bar. Menggunakan Command
  3. Ketik perintah screenshot [filename] [options]. Misalnya screenshot halaman1.png –fullpage atau bisa juga screenshot homepage.jpg –fullpage jika ingin hasilnya disimpan dalam format JPG kemudian tekan ENTERCara Screenshot Satu Halaman Penuh Dengan MozillaNah hasilnya kira-kira seperti terlihat pada gambar diatas, setelah proses screenshot selesai akan muncul preview dan keterangan lokasi penyimpanan file hasilnya yaitu sama dengan pengaturan folder download pada Mozilla Firefox di PC.

#2 – Menggunakan Firefox Screenshots

  1. Update dulu Mozilla Firefox ke versi terbaru minimal versi 55.
  2. Kemudian buka halaman web yang akan dibuat screenshotnya.
  3. Klik ikon Firefox Screenshots yang terletak pada toolbar. ikon Firefox Screenshots
  4. Selanjutnya klik diarea awal tempat kita ingin buat capture, lalu tarik kotak screenshot sampai kebagian bawah halaman web tersebut dan jika sudah klik tombol Save atau Download. Menggunakan Firefox Screenshots

#3 – Menggunakan Mozilla Toolbox

  1. Klik kanan pada area kosong pada halaman web yang sedang kita buka lalu pilih Inspect elementInspect element
  2. Kemudian lihat pada bagian kanan lalu klik ikon gir (gerigi) untuk membuka Toolbox OptionsToolbox Options
  3. Langkah selanjutnya pada Available Toolbox Button, centang Take a screenshot of the entire page. Sehingga akan muncul ikon kamera disebelah ikon gir. Take a screenshot of the entire page
  4. Terkahir untuk mengambil screenshot caranya klik ikon kamera tersebut dan nanti akan langsung tersimpan dalam format gambar (PNG) dan lokasi filenya ada di folder download Mozilla.

Catatan : Langkah 2 dan 3 hanya perlu dilakukan satu kali saja karena jika sudah mengaktifkan fiturnya maka untuk mengambil capture cukup inspect element lalu pilih ikon kamera.

Advertisement

Demikianlah beberapa cara membuat screenshot satu halaman penuh di Mozilla tanpa software atau aplikasi tambahan yang saya tahu dan pernah saya coba, selamat mencoba. Alternatif lain jika cara diatas dianggap terlalu rumit maka kamu bisa coba buat screenshot online.