Advertisement

Arti Molla dalam Bahasa Korea beserta Contoh Kalimatnya

Advertisement

Kamu mungkin sering mendengar kata “Molla” dalam bahasa Korea. Pasalnya, kata ini merupakan salah satu ungkapan yang cukup umum digunakan. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya arti dari kata “Molla” ini?

Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Arti Molla dalam Bahasa Korea beserta Contoh Kalimatnya

Arti dari “Molla”

Advertisement

“Molla” (몰라) dalam bahasa Korea memiliki arti sederhana yaitu “tidak tahu” atau “aku tidak tahu”. Kata ini sering digunakan ketika seseorang tidak memiliki pengetahuan atau informasi mengenai sesuatu yang ditanyakan oleh orang lain. Adapun penggunaan kata ini cenderung santai dan bersifat informal.

“Aniyo” – Memahami Kata Penolakan Halus dalam Bahasa Korea

Asal-Usul Kata “Molla” dalam Bahasa Korea

Kamu pasti penasaran, dari mana asal mula kata “Molla” dalam bahasa Korea, bukan? Nah, yuk kita bahas bersama-sama!

Asal Mula Kata

Kata “Molla” sebenarnya berasal dari kata dasar dalam bahasa Korea, yaitu “모르다” (moreuda), yang berarti “tidak tahu” atau “tidak mengerti.”

Kata ini kemudian berkembang menjadi variasi yang lebih santai, seperti “몰라” (molla), yang lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Perubahan dalam Penggunaan

Dalam perkembangannya, penggunaan kata “Molla” juga mengalami evolusi dari yang awalnya digunakan dalam situasi formal menjadi lebih umum dalam percakapan sehari-hari.

Hal ini menunjukkan fleksibilitas bahasa Korea dalam menyesuaikan diri dengan perubahan zaman dan gaya berkomunikasi yang lebih santai.

dan sejarah bahasa Korea. Selamat menjelajahi dunia bahasa Korea yang menarik!

Mengenal Lebih Dekat “Molla” dalam Bahasa Korea

Dalam percakapan sehari-hari, kata ini memiliki beberapa variasi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tingkat formalitas dan kedekatan dengan lawan bicara.

Yuk, simak penjelasannya!

1. Moreumnida (모릅니다)

“Moreumnida” adalah bentuk paling formal untuk menyatakan ketidaktahuan dalam bahasa Korea. Kata ini biasanya seseorang gunakan ketika berbicara dengan orang yang harus kamu hormati, seperti atasan, orang tua, atau orang yang lebih tua.

Pasalnya, penggunaannya menunjukkan kesopanan dan penghormatan terhadap lawan bicara.

2. Mollayo (몰라요)

“Mollayo” adalah bentuk yang lebih umum kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini tergolong dalam bahasa semiformal yang santai namun tetap sopan.

Biasanya, “Mollayo” bisa kita gunakan ketika berbicara dengan rekan atau kenalan yang tidak terlalu dekat. Sebab, penggunaannya menunjukkan sikap ramah dan santai.

3. Molla (몰라)

Terakhir, “Molla” adalah bentuk yang paling informal atau bahasa pergaulan untuk menyatakan ketidaktahuan. Pasalnya, kata ini dianggap kurang sopan, sehingga hanya orang sampaikan ketika berbicara dengan seseorang yang sudah sangat akrab atau orang yang lebih muda.

Penggunaannya menunjukkan kedekatan dan keakraban antara pembicara.

Penggunaan Kata “Molla” dalam Kalimat Bahasa Korea

Lalu, bagaimana sebenarnya contoh penggunaannya dalam kalimat? Yuk, kita telusuri beberapa contohnya!

1. Kalimat Formal dengan “Moreumnida”

Misalnya, jika sedang berbicara dengan seseorang yang harus kamu hormati, seperti atasanmu. Kalian bisa menggunakan kalimat formal seperti,

“저는 그것에 대해 알고 있지 않습니다” (Jeoneun geugeose daehae algo issji anseumnida), yang artinya “Saya tidak tahu tentang itu.”

Mengenal Lebih Dekat “Aigoo” dalam Budaya Korea

2. Kalimat Santai dengan “Mollayo”

Saat berbicara dengan teman atau kenalan yang tidak terlalu dekat, kamu bisa menggunakan kalimat santai seperti, “그거 모르겠어요” (Geugeo moreugesseoyo), yang artinya “Aku tidak tahu itu.”

Penggunaan “Mollayo” ini menunjukkan sikap santai namun tetap sopan dalam berkomunikasi.

3. Kalimat Informal dengan “Molla”

Ketika kamu berbicara dengan sahabat dekatmu atau seseorang yang sudah sangat akrab, kamu bisa menggunakan kalimat informal seperti, “그거 몰라” (Geugeo molla), yang artinya “Aku nggak tahu itu.”

Penggunaan “Molla” menunjukkan kedekatan dan keakraban antara kalian.

 

Sekarang, kamu sudah mengetahui betapa pentingnya kata “Molla” dalam bahasa Korea. Dari asal-usulnya yang berakar dari kata dasar “모르다” (moreuda) hingga penggunaannya yang meluas dalam percakapan sehari-hari, kata ini menjadi bagian tak terpisahkan dari komunikasi dalam bahasa Korea.

Contoh penggunaannya pun cukup beragam. Misalnya, saat ditanya tentang sesuatu yang tidak kamu ketahui, kalian bisa dengan santai menjawab, “Molla” atau “Aku tidak tahu.”

Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dengan teman, kolega, atau bahkan orang yang lebih senior. Dengan begitu, kalian akan semakin terbiasa dengan bahasa Korea dan merasakan keakraban dalam berkomunikasi dengan masyarakat Korea.

Selamat mencoba dan selamat mengeksplorasi lebih jauh keindahan bahasa Korea! Semangat!