Beberapa Alasan Kenapa Menggunakan Plugin Jetpack

Advertisement

Plugin jetpack merupakan salah satu plugin yang dibuat oleh Automattic dan memiliki banyak fitur menarik seperti realated post, contact form, share ke sosial media, Publicize dan masih banyak lagi.

Dengan kata lain Jetpack bisa menjadi alternatif beberapa plugin sekaligus, misalnya Publicize yang berfungsi untuk share otomatis posting terbaru WordPress ke akun sosial media baik profil maupun page Facebook, Google Plus, Twitter, Path, Tumblr dan Linkedin.

Dibeberapa forum banyak yang mengeluhkan plugin Jetpack membuat loading blog lambat dan menghabiskan banyak cpu usage tetapi pengalaman saya selama 2 tahun lebih menginstall Jetpack belum pernah menemukan masalah berarti apalagi cpu usage sampai 100%, karena tidak semua modul saya aktifkan.

Alasan Kenapa Menggunakan Plugin Jetpack

#1 – Bisa Mengurangi Penggunaan Plugin Lain

Jetpack memiliki beberapa modul yang cukup membantu untuk mengurangi penggunaan plugin di WordPress terlalu banyak misalnya:

  • Contact Form untuk membuat halaman kontak bisa menjadi alternatif Plugin Contact Form 7.
  • Publicize, bisa menjadi pengganti plugin untuk share ke sosial media secara otomatis setiap kali mempublikasikan artikel baru seperti WP-AutoSharePost dan lainnya.
  • Related Posts, sesuai dengan namanya untuk menampilkan artikel terkait dibawah postingan, jadi dengan mengaktifkan modul ini maka kita tidak perlu lagi menginstall plugin related post lain yang biasanya memberatkan server hosting. Berbeda dengan related post jetpack yang memproses query di server mereka begitu juga dengan gambar thumbnail yang tersimpan di server jetpack yang menggunakan Photon, jika kurang yakin silahkan baca infonya dihalaman ini.
  • Site Stat, berfungsi untuk mencatat dan menampilkan statistik pengunjung blog sehingga bisa menjadi alternatif plugin lain atau layanan statistik pihak ketiga seperti histats. Beberapa keunggulan site stat dari jetpack diantaranya, kita bisa akses statistik blog dari akun wordpress.com dan statistiknya tidak jauh berbeda dengan Google Analytics jadi saya anggap cukup akurat.

#2 – Dapat Digunakan Untuk Memposting Artikel Tanpa Login ke Blog Utama

Setelah kita menginstall jetpack dan menghubungkan ke wordpress.com maka kita bisa mengakses blog dari akun WordPress.com tanpa perlu log in ke blog utama.

Tidak hanya dapat melihat statistik pengunjung tetapi dari dashboard tersebut kita bisa menulis posting langsung bahkan anda juga menulis artikel langsung dari PC setelah menginstall aplikasi WordPress for PC.

#3 – Syarat Utama Jika Ingin Mendaftar Wordads

Seperti kita tahu, sebelumnya wordads hanya diperuntukan bagi pengguna WordPress.com yang telah upgrade ke TLD atau top level domain namun belakangan tepatnya Desmber 2015 wordads terbuka untuk pengguna wordpress.org atau self hosted dengan syarat menginstall plugin jetpack dan dihubungkan ke Wordpres.com.

Bagi yang belum tahu apa itu Wordads bisa membaca langsung dari situs resmi wordads.co atau singkatnya merupakan salah satu program periklanan untuk wordpress gratisan dengan syarat sudah membeli domain dari wordpress atau untuk pengguna wordpress.org harus memasang jetpack terlebih dahulu.

Berbeda dengan Google Adsense, wordads membayar publisher dengan perhitungan per view atau impresi iklan (CPM) yang dibayar langsung ke akun Paypal.

Advertisement

Itulah beberapa alasan kenapa opikini.com menggunakan plugin Jetpack dan jika anda memiliki kendala silahkan tanyakan semoga saya bisa menjawab. Yang jelas agar tidak membuat loading blog lambat, aktifkan lah modul-modul yang penting saja seperti : comments, contact form. protect. publicize, site stat dan related posts.

Tags: