Buka Rekening Tahapan Xpresi BCA di myBCA Cibinong City Mall

Advertisement

Halo pembaca opikini.com, kali ini admin akan berbagi pengalaman buka rekening tahapan xpresi BCA di myBCA Cibinong City Mall (CCM) karena kebetulan waktu itu sedang mengantar anak yang menagih janji minta dibelikan Roti O yang letaknya tidak jauh dari tempat myBCA.

Setelah tanya-tanya dan membaca brosur tabungan Xpresi akhirnya admin memutuskan untuk membuka rekening BCA disitu karena syaratnya mudah, tidak perlu cape antri, tidak harus pada jam dan hari kerja karena myBCA di mall buka setiap hari kalau tidak salah dari jam 10.00-22.00.

Hal menarik lain yang mungkin bisa menjadi kelebihan tahapan xpresi adalah biaya administrasi bulanannya cukup kecil yaitu hanya 5.000 rupiah dengan saldo ditahan 10.000 dan setoran awal rendah yaitu hanya 50.000 rupiah saja.

Lokasi MyBCA Di CCM (Cibinong – Kab Bogor)

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya apa di CCM ada myBCA? walaupun judul tulisan ini sudah jelas mencantumkan nama CCM tapi mungkin karena penanya belum pernah melihat dimana posisinya maka berikut ini adalah foto booth myBCA yang berlokasi di CCM.

Lokasi tepatnya ada di lantai LG (satu lantai dengan carrefour) , kalau dari parkiran mobil setelah pintu masuk ambil ke kiri.

Pengalaman Buka Rekening Tahapan Xpresi BCA di myBCA Cibinong City Mall

Berbeda dengan saat membuka rekening tabungan di bank dimana kita harus mengisi formulir, di myBCA CCM cukup beritahu petugasnya kita ingin buka tahapan Xpresi lalu akan diminta e-KTP asli (jika belum ada bisa pakai e-ktp sementara yang ada foto dan barcode)

Kemudian petugas akan menanyakan nama, nomor HP serta alamat email setelah itu tinggal menunggu giliran namun karena waktu itu masih sepi jadi pembukaan rekening langsung diproses.

Kita akan diminta masuk kedalam ruangan yang nantinya akan melakukan video call / video banking, jadi nanti ada petugas dari bank BCA melakukan proses pembukaan rekening melalui video call tersebut, keren bukan?

Jika disingkat berikut adalah proses pembuatan tahapan Xpresi di myBCA:

  1. Tunjukan e-ktp asli, atau surat keterangan pengganti e-ktp dari disdukcapil.
  2. Setelah mendapat giliran kita akan masuk ruangan, dan nanti akan dihubungkan ke petugas BCA melalui video call.
  3. E-KTP akan diletakan pada alat scan dan setelah terbaca nanti petugas akan menyamakan data dari e-ktp tersebut seperti alamat, pekerjaan, nama ibu kandung, nomor HP, alamat email, desain kartu atm xpresi yang diinginkan dan lainnya.
  4. Kemudian kita akan diminta untuk membuat tanda tangan, dan ini harus sama dengan yang tertera di e-ktp (admin mengulang proses ini sampai 3x karena tanda tangan berbeda sedikit dibagian tarikan akhir)
  5. Tahapan selanjutnya adalah melakukan setoran awal minimal 50.000, setelah alat setor tunai terbuka kemudian tinggal masukan uang setoran dan nanti akan terbaca oleh mesin, jika sukses maka pembukaan rekening akan dilanjutkan.
  6. Berikutnya adalah pencetakan kartu atm tahapan xpresi sesuai dengan desain yang kita minta, nanti akan keluar dari mesin disebelah kiri dan setelah keluar kemudian kita masukan kembali ke lobang yang ada dibagian tengah kemudian membuat PIN ATM.
  7. Saat pembukaan rekening Xpresi BCA kita juga bisa sekalian minta KeyBCA dan nanti akan diminta menyebutkan kode yang ada dibagian belakang dan dikenakan biaya 25.000 setelah itu kita tinggal daftar internet banking di atm lalu aktivasi keyBCA.

Tidak terasa proses pembuatan rekening tahapan Xpresi BCA pun selesai, tanpa harus mengisi form sama sekali karena sebagain besar data akan diinput dari e-ktp yang discan tersebut jadi kita tinggal mendengarkan petugas membacakan datanya, jika ada yang tidak tepat maka tinggal perbaiki.

Tanya Jawab

#1 – Apakah Wajib Memiliki NPWP?

Sepengetahuan admin tidak, dan ini tertera di situs resmi BCA, lihat pada bagian Persyaratan Dokumen Pembukaan Rekening ada kata-kata Jika ada, artinya tidak wajib namun kalau tidak salah harus ada surat penyataan tidak memiliki NPWP.

#2 – Kalau Tidak Ada Buku Tabungan Lalu Bagaimana Kita Mengetahui Nomor Rekening Xpresi BCA?

Untuk nomor rekening tabungan Xpresi bisa dilihat di kartu ATM, letaknya dibawah nama pemilik rekening, selain itu tentu saja bisa juga dicek melalui layanan m-BCA dari HP Android maupun internet banking. Lihat gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas, terlihat melalui internet banking BCA kita bisa cek nomor rekening, saldo dan juga mutasi transaksi dengan mudah tanpa harus print buku tabungan karena memang tidak ada bukunya.

#3 – Setor 50.000 Tapi Setelah Cek Saldo Hanya ada 40.000 atau Kurang 10.000?

Nah ini mungkin yang lupa dijelaskan petugasnya, saat kita cek saldo tahapan Xpresi memang akan berkurang 10.000 dari setoran awal karena itu merupakan dana ditahan yang tidak bisa diambil selama rekening masih aktif dan memang tidak akan muncul di mutasi maupun saldo tabungan, jadi jangan bingung kalau melihat ada perbedaan 10.000.

#4 – Apakah Setelah Selesai Buka Tabungan ATM Bisa Langsung Digunakan?

Bisa tapi terbatas untuk pengecekan saldo, karena menurut petugasnya rekening baru bisa digunakan 1×24 jam berikutnya.

#5 – Apakah Bisa Buka Tahapan Xpresi Untuk Anak-Anak atau Belum Punya E-KTP?

Bisa, untuk anak-anak dibawah 12 tahun bisa melampirkan akte kelahiran, identitas orang tua dan NPWP orang tua jika ada.

Sedangkan untuk anak 17 tahun kebawah bisa menggunakan kartu pelajar, KTP orang tua dan NPWP orang tua jika ada.

Artinya tahapan Xpresi ini bisa untuk semua umur, cukup menarik bukan?

Catatan:

  1. Jika kamu meminta alat KeyBCA untuk daftar internet banking maka akan dikenakan biaya 10.000.
  2. Tahapan Xpresi BCA sebetulnya hampir sama dengan jenis tabungan BCA lainnya artinya bisa dipakai untuk menerima maupun mengirim ke bank lain maupun sesama BCA.
  3. Kartu ATM Xpresi BCA bisa digunakan untuk belanja karena merupakan kartu debit.
  4. Pembuatan dan penggantian kartu atm akan dikenakan biaya 25.000.

Kesimpulan, Tahapan Xpresi BCA adalah salah satu pilihan tepat bagi kamu yang mencari tabungan dengan adm rendah dan proses pembukaan rekeningnya mudah tidak perlu repot harus memiliki nomor telepon rumah (fixed), npwp, setoran awal besar dan lain sebagainya.

Advertisement

Namun kekurangannya adalah tidak ada buku tabungan jadi untuk mengecek saldo, melihat mutasi rekening harus dilakukan melalui internet banking atau mobile banking di HP.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *