Cara Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan Sendiri

Advertisement

Selain bisa untuk cek tagihan bpjs ternyata aplikasi BPJS kesehatan di HP Android bisa untuk cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri dengan mudah dan cepat.

Cara yang akan saya jelaskan berikut ini mungkin akan sedikit bermanfaat bagi anda yang daftar secara online tetapi tidak bisa print e-id melalui link yang dikirim via email seperti yang saya alami, walaupun saya pribadi akhirnya lebih memilih untuk langsung cetak kartu bpjs bukan e-id karena dulu belum tahu kalau kita bisa cetak e-id sendiri dari aplikasi tersebut.

Untuk bisa mencetak sendiri kartu e-id bpjs anda harus menginstall aplikasi bpjs kesehatan di HP Android yang bisa diunduh dari Google Play Store berikut ini kemudian daftar.

Cara Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan Sendiri

Sebagai informasi, kartu e-id yang didapatkan dari aplikasi bpjs kesehatan mobile ini nantinya akan dikirim melalui email dalam format pdf sebagai lampiran jadi anda perlu mengunduhknya kemudian buka dengan aplikasi pdf lalu print.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan sederhana berikut ini.

  1. Buka aplikasi BPJS Kesehatan mobile.
  2. Kemudian pilih menu Ubah Data Kepesertaan.
  3. Pilih peserta bpjs kesehatan mandiri yang ingin dicetak kartu e-idnya.
  4. Pilih ikon email lalu akan muncul pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda? pilih YACara Cetak Kartu E-ID BPJS
  5. Periksa email yang anda gunakan untuk daftar ke aplikasi bpjs lalu cari email dengan judul Kartu e-ID BPJS Kesehatan lalu unduh file lampiranya. Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan
  6. Setelah didownload anda buka lalu print, atau jika tidak punya printer sendiri maka anda bisa copy file itu ke usb lalu bawa ke rental komputer.

Berikut ini adalah gambar e-id yang dalam format pdf yang bisa anda cetak sendiri setelah kita lakukan langkah diatas.

Cara Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan Sendiri

Seperti terlihat pada langkah-langkah yang saya jelaskan diatas ternyata cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri itu tidak sulit dan ini mungkin bisa menjadi solusi bagi yang kartunya hilang atau rusak atau mungkin untuk keperluan setelah melahirkan pakai bpjs karena untuk bayi baru lahir yang dicetak bukan berupa kartu bpjs (KIS) tapi e-id seperti diatas.

Catatan : agar anda tidak mengalami kendala sebaiknya pastikan menginstall aplikasi bpjs mobile yang dibuat resmi oleh pihak bpjs dengan tampilan seperti diatas, bukan aplikasi lain.

Selain itu pastikan anda sudah terdaftar ke bpjs tentunya dan sudah membayar iuran pertama agar kepesertaan anda maupun keluarga sudah aktif sebelum mencetak e-id.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada kendala sebaiknya langsung tanyakan ke pihak bpjs melalui akun twitter maupun facebook resminya, karena saya bukan petugas bpjs dan hanya menunjukan cara mencetak saja dengan kondisi kepesertaan sudah aktif. Baca juga : cara daftar bpjs bayi dalam kandungan.

Advertisement

Latest Comments

  1. Ruli Juni 6, 2017
    • Opik Juni 6, 2017
  2. Andre Juni 12, 2017
    • Opik Juni 21, 2017
  3. Titin Juni 15, 2017
  4. olivia Juli 1, 2017
    • Opik Juli 2, 2017
  5. Yuni Juli 12, 2017
    • Opik Juli 12, 2017
  6. Defi Juli 13, 2017
    • Opik Juli 14, 2017
  7. fazar Juli 24, 2017
    • Opik Juli 25, 2017