Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN (BPJS Kesehatan) di HP Android

Advertisement

Tulisan kali ini akan membahas tentang cara daftar aplikasi mobile JKN atau BPJS Kesehatan di HP Android yang mana sangat berguna untuk cek tagihan BPJS lewat HP, melihat daftar peserta, cetak kartu e-id dan lain sebagainya.

Sebelum bisa menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan di Android pertama-tama anda harus daftar BPJS dulu baik via telepon, online maupun datang ke kantor bpjs dan sudah memiliki nomor virtual account.

Selain itu saat input form pendaftaran pada aplikasi pastikan anda memasukan data dengan benar terutama nomor ktp dan nama ibu kandung sesuai dengan yang tertulis pada kartu keluarga (KK).

Begini Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN (BPJS Kesehatan) di HP Android

Penting : Langkah-langkah dibawah ini hanya bisa dilakukan jika anda sudah daftar bpjs baik online, via telepon maupun datang ke kantor BPJS dan sudah memiliki no peserta BPJS.

Langkah pertama download aplikasi BPJS Kesehatan dari Google Play Store melalui tautan ini. Setelah aplikasi terpasang kemudian jalankan lalu pilih tombol Pendaftaran Pengguna Mobile.

Isi form dengan no kartu BPJS, no ktp, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor hp dan password salah satu anggota keluarga yang sudah terdaftar lalu pilih tombol Register.

Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN (BPJS Kesehatan) di HP Android

Catatan : jika anda baru daftar bpjs dan tidak tahu nomor peserta karena hanya mendapat nomor virtual account maka cara untuk tahu nomornya adalah dengan mengganti angka 5 digit awal no va dengan 00.

Misalnya, nomor VA  888880123456789 maka nomor kartu BPJS adalah 000123456789.

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi, pilih OKE lalu cek email masuk kemudian masukan kode verifikasi yang diterima lalu pilih tombol Verify.

Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN

Jika verifikasi berhasil maka anda sudah bisa login dengan alamat email atau no kartu bpjs dan password yang tadi dibuat.

Selain bisa digunakan untuk melihat tagihan aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menambah maupun mengubah data peserta seperti alamat email, nomor hp, faskes 1, alamat maupun kelas seperti tampak pada gambar berikut.

aplikasi Mobile JKN

Namun sampai saat ini saya belum coba jadi tidak tahu apakah benar bisa untuk mengubah faskes dan kelas atau tidak karena yang pernah saya coba hanya mengubah alamat email, nomor hp dan cetak e-id melalui menu Peserta.

Advertisement

Kesimpulan : jika ingin mengetahui tagihan BPJS, daftar peserta, melihat riwayat pembayaran, mencetak e-id sendiri maupun melihat riwayat penggunaan kartu bpjs maka silahkan install aplikasi Mobile JKN di HP Android kemudian daftar menggunakan alamat email aktif karena ada proses verifikasi seperti cara yang saya jelaskan diatas.

Leave a Reply