Cara Download dan Upload File Dari PC Ke VPS

Baru menggunakan VPS dan bingung bagaimana cara download dan upload file dari komputer ke server VPS? jika ya silahkan simak artikel singkat ini karena opikini akan berbagi pengalaman cara mudah upload maupun download file dari VPS ke PC.

Saat ini ada banyak software FTP gratis yang bisa kita gunakan seperti xftp 5 dari netsarang, software ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula seperti saya sekalipun.

Cukup unduh, install kemudian tambahkan pengaturan seperti IP Address server, port, username dan password agar kita dapat terhubung ke VPS menggunakan protokol SFTP.

Panduan Cara Download dan Upload File Dari PC Ke VPS

Langkah pertama unduh terlebih dahulu software xftp 5 dari halaman ini, saat akan mendownload kita akan diminta mengisi formulir, pilih Evaluation user / Home & School user lalu pada License Type pilih Home and school use kemudian isi semua kolom yang tersedia terutama email, karena nanti link untuk download akan dikirim lewat email. Jika masih bingung silahkan lihat gambar berikut.

Panduan Cara Download dan Upload File Dari PC Ke VPS

Setelah mengisi form seperti diatas, periksa email yang kamu gunakan tadi lalu download software xftp 5, kemudian install dan jalankan.

Untuk membuat pengaturan koneksi baru, klik tombol + (lihat panah biru) lalu isi name (bebas), host tulis alamat IP VPS, Protocol SFTP, port 22.

Kemudian pada bagian login, Method pilih Password dan isikan user name serta password VPS kamu terakhir OK.

Cara Download dan Upload File Dari PC Ke VPS

Setelah properties connection dibuat sekarang untuk menghubungkan ke VPS caranya cukup pilih koneksi yang tadi dibuat lalu Connect.

Setelah terhubung maka kamu akan melihat direktori/folder-folder yang ada di VPS seperti gambar berikut.

Panduan Cara Download dan Upload File Dari PC Ke VPS

Setelah berhasil konek dan bisa membuka direktori yang ada di server vps, untuk mendownload caranya pilih file atau folder yang akan kita unduh dari server kemudian pilih juga target atau lokasi penyimpanan di PC terakhir klik kanan lalu pilih Transfer setelah itu tinggal tunggu sampai proses download selesai.

Download File Dari VPS

Keterangan : bagian kiri (no 1) adalah direktori lokal pada PC dan kanan (no 2) adalah direktori VPS.

Bagaimana Cara Upload?

Untuk upload file ke vps misal theme wordpress, plugin, file backup database, attachment dan lainnya, caranya sama seperti diatas. Pertama-tama tentukan dulu target/lokasi dimana kita akan upload file atau folder tersebut lalu pilih sumber dari komputer – klik kanan dan pilih Transfer.

Software ini sangat mudah digunakan, yang paling penting adalah kita benar saat membuat connection properties dan jika gagal konek sebaiknya cek apakah port 22 di VPS kamu terbuka atau diblok selain itu pastikan user name serta password yang kamu masukan sudah benar.

Itulah sedikit pengalaman cara download dan upload file dari komputer lokal ke VPS dan sebaliknya menggunakan software xftp 5, sangat mudah bukan? jika ada kekurangan mohon maaf dan jika masih kurang jelas silahkan tanyakan. Selamat mencoba.

Tags:,