Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Opikini.com – Ingin mempelajari WordPress tetapi tidak memiliki web hosting dan domain maka solusi terbaik adalah dengan mencoba di localhost dan bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara install WordPress di localhost dengan XAMPP silahkan ikuti artikel ini sampai tuntas.

Sebelum dapat mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini, pertama-tama kamu harus sudah install XAMPP terlebih dahulu.

Jika belum tahu bagaimana caranya silahkan baca artikel sebelumnya. Kemudian setelah terpasang dan berjalan yang dibutuhkan selanjutnya adalah file wordpress yang bisa diunduh langsung dari situs resminya.

Persiapan Install WordPress di Komputer (Localhost)

  1. Baca Cara Download dan install XAMPP
  2. Download WordPress terbaru (ukuran file sekitar 7,4MB)
  3. Jalankan XAMPP lalu buat folder baru di drive C:\xampp\htdocs 

Setelah XAMPP terpasang selanjutnya buka XAMPP Control Panel dari Start Menu – XAMPP Control Panel kemudian jalankan Apache dan Mysql dengan klik tombol Start sehingga tampak seperti gambar berikut.

Persiapan Install WordPress di Komputer (Localhost)

Perhatikan kotak biru, pada Module Apache dan MySQL harus berwarna hijau yang menandakan services berjalan, sedangkan jika kamu mengalami kendala Apache tidak bisa start silahkan baca : cara mengatasi Apache Error.

Setelah berjalan seperti diatas, selanjutnya kita buat folder baru yang akan berfungsi untuk menyimpan file WordPress sekaligus sebagai alamat url di localhost, caranya :

Buka C:\xampp\htdocs dengan Windows Explorer lalu buat sebuah folder baru (cukup satu kata, jangan pakai spasi) contoh opikini.

buat folder baru di drive C:\xampp\htdocs

Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Setelah kamu melakukan langkah persiapan, selanjutnya kita mulai menginstall WordPress dengan cara sebagai berikut:

#1 – Ekstrak file wordpress yang baru saja didownload kemudian copy isinya ke folder yang sudah kita buat pada langkah persiapan.

Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Catatan : yang dicopy adalah seluruh isi folder wordpress seperti terlihat pada gambar diatas.

#2 – Buat Database melalui phpMyAdmin, caranya buka web browser kemudian ketik http://localhost lalu pilih Menu phpMyAdmin.

Buat Database melalui phpMyAdmin

Pilih Menu New lalu isi nama database yang ingin dibuat misal opikini lalu klik Create.

#3 – Menginstall WordPress dengan cara, dari web browser ketik url dengan alamat http://localhost/nama folder misal karena saya buat nama folder pada langkah persiapan adalah opikini jadi alamat url lokalnya adalah http://localhost/opikini kemudian pilih bahasa misal English atau Bahasa Indonesia silahkan pilih sesuai keingian lalu pilih Continue.

Menginstall WordPress

Selanjutnya akan muncul halaman yang menginformasikan data apa saja yang diperlukan untuk melanjutkan, pilih Let’s Go.

Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Kemudian pada halaman berikutnya kita isi Database Name, User Name sisanya biarkan saja default, lalu Submit.

Database Name, User Name

Cara Mengisi :

  1. Database Name : isi dengan nama database mySQL yang sudah kita buat.
  2. User Name : default user name mysql di XAMPP adalah root, jadi isi dengan root
  3. Password : defaultnya adalah kosong, jadi biarkan kolom ini kosong.

Kemudian akan halaman yang menginformasikan WordPress sudah berhasil terhubung ke database, pilih Run the install untuk melanjutkan.

Run the install

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah mengisi data-data penting untuk blog yang akan kita buat seperti Site Title, username serta password untuk log in. Setelah terisi klik Install WordPress.

Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Keterangan : 

  1. username, karena di localhost biasanya saya buat username admin agar mudah saat akan log in tetapi jika di web hosting jangan pernah menggunakan username ini.
  2. password, agar mudah diingat saya buat 123 karena ini hanya untuk dilocalhost

Setelah langkah diatas selesai kamu akan melihat halaman Success dan bisa mulai log in ke blog wordpress yang kita buat tadi.

Cara Install WordPress di Localhost Dengan XAMPP

Setelah berhasil masuk, maka kamu sudah bisa menggunakannya untuk latihan posting, mengubah pengaturan, menginstall plugin dan lainnya. Tidak berbeda jauh dengan saat kita menggunakan web hosting sesungguhnya.

Itulah cara mudah menginstall WordPress di komputer atau localhost menggunakan XAMPP, jika masih ada bagian yang kurang jelas atau mengalami kegagalan saat mencoba langkah diatas silahkan tanyakan. Baca juga : cara memindahkan WordPress ke localhost.