Cara Melepas dan Mengganti Kaca Spion Mobil (Pengalaman Pribadi)

Advertisement

Opikini.com kali ini akan berbagi pengalaman cara melepas dan mengganti kaca spion mobil yang pecah tepatnya mobil Toyota Vios tetapi setelah Googling ternyata caranya sama saja dengan cara melepas spion Agya Ayla dan beberapa jenis lain baik yang sudah menggunakan sistem elektrik maupun yang manual.

Jadi boleh dikatakan cara melepas kaca spion mobil yang akan saya jelaskan berikut ini bisa dicoba juga pada mobil-mobil merk atau tipe lain selain vios/limo seperti Avanza, Xenia, Inova, Grand Livina atau yang lainnya.

Menariknya untuk mencopot cermin kaca spion ini tidak diperlukan peralatan tambahan karena cukup menggunakan jari tangan dan keberanian tentunya, nah penasaran ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya? mari simak pembahasan berikut ini.

Cara Melepas dan Mengganti Kaca Spion Mobil

Pertama-tama tekan bagian atas cermin spion mobil yang akan kita lepas menggunakan dua jari tangan sampai bagian bawahnya agak terbuka (ada celah) lihat gambar berikut yang diberi tanda panah.

Cara Melepas dan Mengganti Kaca Spion Mobil

Setelah terlihat ada celah dibagian bawah kemudian masukan jari dan congkel (angkat ke arah atas) perlahan-lahan (lihat gambar dibawah)

mencopot kaca spion mobil

Baca juga : cara hubungkan bluetooth hp ke tape mobil.

Lakukan gerakan mencongkel sampai frame cermin kaca spion mobil tersebut lepas dari rumahnya seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Mengganti Kaca Spion Mobil

Nah jika sudah terlepas langkah selanjutnya adalah memasang atau mengganti dengan yang baru dan caranya tidak sulit yaitu kebalikan dari cara melepas.

Perhatikan dua buah clip yang ada dibagian belakang frame cermin spion (lihat tanda panah merah dibawah ini). Untuk memasang caranya masukan clip tersebut ke rumah kaca spion dengan cara memiringkan bagian atasnya lalu dorong dan tekan sampai benar-benar masuk.

Memasang kaca spion mobil

Setelah klip masuk ke dudukannya kemudian tekan bagian bawah cermin spion tersebut sampai ada bunyi klik dan pastikan kembali sudah benar-benar pas atau terpasang dengan kencang seperti sebelumnya. Baca juga mengganti kaca depan mobil.

Jika disimpulkan untuk melepas spion mobil langkahnya adalah tekan pada bagian sampai ada ruang dibagain bawah untuk mencongkelnya dengan jari.

Sedangkan untuk memasang kembali, caranya masukan cermin dari arah bawah untuk memasukan dua buah klip ke dudukannya lalu setelah masuk tekan bagian bawah sampai klip bawahnya benar-benar terpasang.

Advertisement

Setelah mencoba tadi malam saya bisa simpulkan cara melepas dan mengganti kaca spion mobil sendiri itu sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu membawa ke bengkel maupun peralatan khusus.

Leave a Reply