Home » WhatsApp » Cara Memblokir Kontak di WhatsApp Android dan Akibatnya

Cara Memblokir Kontak di WhatsApp Android dan Akibatnya

Cara memblokir kontak di WhatsApp Android bukanlah hal sulit karena bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja dan orang tersebut tidak akan bisa mengirim chat lagi.

Advertisement

Tidak hanya dari orang yang kita kenal tetapi saat ini sering kali tiba-tiba mendapat chat dari orang yang tidak dikenal sama sekali dan isinya kadang kurang enak untuk dibaca.

Misalnya iklan pinjaman online lah, atau mengajak bergabung ke grup WhatsApp yang sama sekali kita tidak tahu apa isi dan siapa saja anggotanya.

Selain blokir, WhatsApp juga menyediakan fitur laporkan atau report akibatnya nomor WhatsApp yang sering mengirim pesan sembarangan tersebut akan masuk daftar pantauan pihak WhatsApp sehingga ada kemungkinan akun pengirim pesan spam tersebut diblokir.

Cara Memblokir Kontak di WhatsApp Android

Untuk blok kontak di WhatsApp bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui daftar kontak atau langsung buka chat dari orang yang ingin kita blokir.

1 – Blokir Nomor WhatsApp Via Chat

Cara yang pertama ini bisa dilakukan ketika menerima pesan dari orang yang tidak ada dalam daftar kontak, dan langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka chat dengan orang yang ingin diblokir.
  2. Tap menu titik 3 yang ada di kanan atas lalu pilih Lainnya.
    Cara Memblokir Kontak di WhatsApp Android
  3. Pilih Blokir, kemudian silahkan tap Laporkan dan Blokir atau Blokir.

2 – Memblokir Kontak WhatsApp Melalui Menu Pengaturan

Pilihan yang kedua jika nomor yang ingin diblok ada pada kontak kita, namun sudah tidak ada chat dari orang tersebut sehingga pemblokiran hanya bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp kemudian tap menu Setelan.
  2. Tap Akun kemudian pilih Privasi.
  3. Tap kontak terblokir.
    Memblokir Kontak WhatsApp Melalui Menu Pengaturan
  4. Untuk menambahkan nomor baru tap menu + yang ada dibagian kanan atas.
  5. Silahkan pilih orang yang mau kita blokir dari daftar kontak.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan untuk memblokir kontak yang menganggu di WhatsApp bisa dilakukan langsung dari menu Chat atau dari pengaturan privasi.

Setelah memblokir kontak apakah masih bisa melihat apakah orang tersebut sedang online? tidak, baik yang memblokir maupun orang yang diblokir sama-sama tidak bisa melihat sedang online atau tidak.

Apa Yang Terjadi Setelah Kontak WhatsApp Diblokir?

  1. Orang tersebut tidak bisa mengirim pesan maupun panggilan suara.
  2. Tidak bisa melihat update status, sedang online, pembaruan pada foto profil.

Lalu pertanyaanya bagaimana kita tahu WhatsApp diblokir orang lain? mudah saja yaitu coba chat apakah terkirim atau tidak, jika tidak terkirim coba kirim pesan menggunakan nomor lain.

Jika nomor lain bisa kirim pesan sedangkan nomor kita tidak bisa atau hanya ceklis 1, maka jelas sudah diblokir orang tersebut.

Namun apabila tidak berani kirim pesan maka beberapa cara ciri apakah No WhatsApp diblokir seseorang atau tidak adalah sebagai berikut.

  1. Foto profil kontak blank atau kosong.
  2. Terakhir dilihat, status online tidak terlihat.
  3. Status WhatsApp tidak terlihat.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan jika kamu melihat profil WhatsApp orang pakai nomor teman kemudian masih ada foto profilnya, masih terlihat statusnya, terlihat sedang online dan kapan terkhir dilihat sedangkan jika cek pakai akun WhatsApp kamu semua itu tidak terlihat maka jelas sudah nomor kamu diblokir dia.

Apa yang terjadi jika diblokir teman satu grup WhatsApp? yang terjadi tetap sama saja seperti penjelasan di atas, namun untuk grup tidak akan terpengaruh.

Artinya kita tetap bisa mengirim dan membaca chat di grup termasuk dari orang yang memblokir kita. Meskipun yang memblokir nomor secara personal adalah admin grup.

Jadi jika admin grup WhatsApp memblokir nomor seseorang tanpa mengeluarkan dari grup, akibatnya orang tersebut masih sebagai anggota sehingga bisa mengirim maupun membaca semua chat dari peserta lain.

Lain cerita jika nomor diblokir lalu dikeluarkan dari grup maka jelas kita tidak bisa lagi mengakses grup tersebut.

Apakah bisa mengatur agar WhatsApp tidak menerima chat dari nomor tidak dikenal? sayangnya belum ada fiturnya. Begitu orang tahu kita memiliki no WhatsApp maka dengan mudah mereka mengirim pesan.

Pemblokiran nomor hanya bisa dilakukan jika orang tersebut sudah mengirim chat atau ada di daftar kontak WhatsApp kita.

Apakah bisa membuka blokir nomor WhatsApp yang diblokir orang lain? tidak bisa, yang bisa membuka hanya orang yang melakukan pemblokiran.

Setelah memblokir kontak lalu ganti nomor apakah orang akan tahu? jika kamu tidak satu grup dengan kontak yang diblokir dan tidak memberitahu kontak saat ganti nomor maka tidak akan ada yang tahu kamu menggunakan no baru,

Kesimpulan

Cara memblokir kontak di WhatsApp Android bisa dilakukan dengan dua cara mudah yaitu melalui chat jika orang yang ingin kita blokir sudah pernah mengirim pesan.

Yang kedua melalui menu pengaturan privasi lalu pilih kontak terblokir, sedangkan jika ingin membuka kembali maka lakukan dari menu yang sama namun lakukan kebalikannya yaitu pilih buka blokir.