Cara Memindahkan WordPress Dari Web Hosting Ke Localhost

Advertisement

Bagaimana cara memindahkan WordPress dari web hosting ke localhost? itulah pertanyaan saya ketika ingin lebih serius belajar WordPress dan ingin menggunakan konten yang sama dengan blog yang sudah online di web hosting.

Untuk memindahkan blog dari hosting ke localhost sebetulanya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah dari menu export dan import tetapi cara ini memiliki kelemahan karena yang diambil biasanya hanya berupa artikel atau posting dan page sedangkan isi dari table wp_options yang berisi pengaturan blog, plugin maupun theme biasanya tidak ikut di export.

Selain itu jika database dari hosting sudah terlalu besar biasanya akan sulit saat melakukan import menggunakan file xml (hasil export) kecuali kita melakukan perubahan. Baca juga : cara mengoptimalkan database WordPress.

Cara Memindahkan WordPress Dari Web Hosting Ke Localhost

Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas dua cara memindahkan blog WordPress dari server hosting ke localhost yaitu dengan cara export import dan secara manual agar bisa dibandingkan keduanya kira-kira mana yang lebih baik.

# Cara Pertama : Export Lalu Import

Ini merupakan salah satu cara termudah dan tidak hanya dapat digunakan untuk kamu yang menggunakan self hosting tetapi bisa juga untuk kamu yang ingin pindah dari wordpress.com ke hosting berbayar.

Persiapan

Sebelum menlanjutkan langkah-langkah dibawah ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :

  1. Install WordPress di Localhost dengan XAMPP
  2. Setelah selesai, hapus semua post dan page (opsional) tujuannya agar wordpress yang akan kita gunakan benar-benar bersih dari postingan Hello World dan Sampe Page.

Cara Eksport WordPress Dari  Web Hosting

  1. Diblog yang akan dipindahkan, dari Dashboard WordPress pilih ToolsExport.
  2. Kemudian pada halaman export pada opsi Choose what to export pilih All content tujuannya agar semua post, page dan juga komentar ikut dieksport.lalu klik Download Export File kemudian simpan file tersebut.

Cara Import Di Localhost

  1. Buka halaman admin WordPress di localhost kemudian pilh ToolsImport
  2. Kemudian pilih WordPress, biasanya saat pertama kali kita diharuskan untuk menginstall plugin WordPress Importer. Jadi jika muncul pop up pilih install lalu aktifkan.
  3. Selanjutnya, pilih Browse lalu cari file hasil eksport tadi, lalu pilih Upload file and import.
  4. Terakhir silahkan pilih apakah akan membuat user (author baru) atau pilih yang sudah ada (assign posts to an existing user), jangan lupa centang Download and import file attchments lalu Submit dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Catatan : Lamanya proses import WordPress dari web hosting tergantung dari jumlah posting, attachments dan tentu koneksi internet yang kita gunakan.

Jika pada langkah diatas kamu mengalami kendala dengan munculnya pesan error Sorry, there has been an error.
The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini silahkan baca solusinya disini.


#Cara Kedua : Memindahkan WordPress Secara Manual

Cara yang kedua ini tidak terlalu sulit, asalkan mau membaca dengan teliti dan mengikuti langkahnya satu persatu maka saya yakin sekali mencoba kamu akan langsung berhasil.

Langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini bukan hanya bisa dilakukan di localhost tetapi bisa juga dipakai saat kamu ingin pindah hosting dari tempat lama ke tempat baru, bedanya pada saat install wordpress tentu dari cPanel sedangkan jika dilocalhost harus manual ditambah XAMPP.

  1. Jalankan XAMPP atau web server lainnya yang kamu miliki di komputer
  2. Install WordPress di localhost terlebih dahulu.
  3. Di server hosting buka cPanel lalu pilih phpMyAdmin.
  4. Lalu pilih database yang digunakan blog WordPress kamu, pilih menu Export dan pilih Custom – display all possible options, lihat gambar dibawah ini.
  5. Kemudian scroll lagi dan dibagian Object creation options, centang  Add CREATE DATABASE / USE statement dan  Add DROP TABLE / VIEW / PROCEDURE / FUNCTION / EVENT / TRIGGER statement. Tujuannya agar nanti saat proses import di localhost table-table WordPress yang sudah ada akan diupdate dengan hasil import. Lalu pilih GO dan download file backup database tersebut ke PC.
  6. Buka File Manager di hosting dari cPanel atau bisa juga melalui software FTP, kemudian kompres lalu download folder wp-content ke komputer.
  7. Setelah berhasil didownload, copy & replace folder wp-content yang ada dilocalhost dengan folder tersebut.
  8. Kemudian buka phpMyAdmin di localhost dan pilih database yang tadi sudah kita gunakan untuk menginstall WordPress. Pilih tab Import lalu klik Browse dan cari file backup database dari hosting yang kita miliki lalu pilih GO dan tunggu sampai selesai.
  9. Setelah melakukan langkah diatas kamu tidak akan menemukan beberapa masalah yaitu saat log in akan diarahkan ke url blog asli (yang ada diweb hosting), artikel tidak muncul dihalaman utama atau akan mendapatkan pesan 404 Not Found seperti gambar berikut.

Nah jika melihat seperti diatas, jangan khawatir karena memang tidak ada yang salah kecuali alamat url pada localhost di table wp_options masih menggunakan alamat blog lama yang baru kamu pindahkan dari web hosting jadi kita harus ubah dulu dengan cara sebagai berikut.

#1- Buka phpMyAdmin lalu pilih database yang digunakan, kemudian pilih tab SQL Lalu ketik command berikut ini lalu pilih GO. (sumber code)

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, 'http://opikini.com', 'http://localhost/opik2') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl';

UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, 'http://opikini.com','http://localhost/opik2');

UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, 'http://opikini.com', 'http://localhost/opik2');

UPDATE wp_postmeta SET meta_value = replace(meta_value,'http://opikini.com','http://localhost/opik2');

Catatan :

  • Ganti http://opikini.com dengan alamat blog (nama domain asli kamu)
  • Ganti http://localhost/opik2 dengan url blog dilocalhost

Command diatas berfungsi untuk mengubah url WordPress dari MySQL, berguna saat kita mengganti domain misalnya atau saat memindahkan blog dari localhost ke web hosting maupun sebaliknya. Yang diubah adalah site url, lokasi attachmnet pada artikel, internal link.

Setelah selesai sekarang cek lagi situs di localhost kamu, seharunya sekarang sudah bisa diakses dengan normal, dan pada halaman utama muncul artikel tidak lagi 404 Not Found.

Advertisement

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Mohon maaf jika panduan yang saya tulis diatas kurang jelas atau sulit dipahami tetapi pada dasarnya memindahkan blog WordPress dari satu hosting ke hosting lain maupun ke localhost itu tidak sulit dan ada banyak cara yang bisa dilakukan. Baca juga : cara backup database di VPS.