Bagaimana Cara Menerima Uang Lewat E-Cash Mandiri?

Advertisement

Waktu pertama kali menggunakan e cash saya agak bingung bagaimana cara menerima uang lewat e-cash mandiri? kebetulan waktu itu sedang butuh uang tetapi kartu atm mandiri tidak dibawa akhirnya saya minta teman untuk mengirim uang ke e-cash dari rekening mandiri miliknya.

Tujuannya setelah uang diterima lewat e-cash kemudian akan saya tarik tunai di atm mandiri, jadi tidak perlu bingung lagi gara-gara kartu atm tidak dibawa karena untuk mencairkan saldo mandiri e-cash di atm cukup dengan membawa hp untuk menerima kode otp.

Singkat cerita, akhirnya saya googling dan ternyata untuk menerima uang ke rekening e-cash mandiri cukup mudah, yaitu cukup berikan nomor HP yang kita gunakan untuk daftar akun mandiri e-cash, kemudian kita tinggal tunggu orang yang akan mengirim uang transfer ke e-cash kita yang bisa dilakukan dari internet banking, mandiri sms, maupun atm mandiri atau atm bank lain.

Sebagai penerima dana kita tidak perlu melakukan apapun setelah memberikan nomor HP yang terdaftar, dan berikut adalah pengalaman saya menerima uang lewat mandiri e-cash.

Baca : cara beli token pakai e-cash mandiri.

Bagaimana Cara Menerima Uang Lewat E-Cash Mandiri?

  1. Pastikan kita sudah mempunyai rekening mandiri e cash, dan sudah melakukan upgrade jika nantinya ingin mencairkan uang tersebut di agen atau mesin atm.
  2. Berikan nomor HP yang terdaftar pada rekening e-cash mandiri dan tunggu uang masuk, selesai.
  3. Setelah uang masuk kita bisa cek dari aplikasi mandiri e-cash atau dial ke nomor *141*6#, dan berikut contoh histrory transaksinya,Bagaimana Cara Menerima Uang Lewat E-Cash Mandiri?

Pada gambar diatas terlihat pada tab timeline ada keterangan Isi e-cash itu jika kita menerima uang dari orang lain yang menggunakan sms banking, mandiri internet, atm dan memilih isi saldo.

Sedangkan dibaris kedua terlihat ada keterangan Terima e-cash, itu akan muncul jika ada orang yang transfer dari rekening e-cash juga dan kita juga bisa lihat nama pengirimnya.

Dari langkah diatas dapat disimpulan cara menerima uang lewat e-cash yaitu tinggal memberikan no hp yang kita sudah daftarkan pada e-cash dan tunggu uang tersebut masuk.

Tanya Jawab :

1 – Apakah Saat Akan Menerima Uang Kita Harus Pergi Ke ATM?

Tidak perlu, tinggal duduk manis saja menunggu dana masuk, karena transaksi dilakukan 100% oleh pengirim dana. Seperti saya jelaskan diatas kita hanya tinggal memberikan no hp saja ke pengirim uang.

2 – Apakah Harus Pakai Kode OTP?

Tidak, saat kita akan dikirim uang ke rekening e-cash, tidak ada OTP yang perlu dimasukan oleh kita sebagai penerima.

3 – Kapan, Berapa lama uang tersebut masuk?

Berdasar pengalaman pribadi, uang yang dikirim ke e-cash akan masuk saat itu juga alias instan seperti kita transfer ke rekening bank. Jika tidak masuk juga mungkin sedang ada gangguan jaringan atau faktor lain tapi berkali-kali menerima uang ke e-cash semuanya langsung masuk saat itu juga.

4 – Berapa batas maksimal uang yang bisa diterima?

Untuk akun yang belum upgrade hanya bisa mempunyai saldo maksimal 1 juta sedangkan yang sudah upgrade maksimal saldonya 5 juta, selain itu dalam satu bulan maksimal total transaksi yang diperbolehkan adalah 20juta. Jadi jika total uang masuk baik itu dari isi saldo maupun transfer dari orang sudah melebihi 20 juta kita harus menunggu bulan berikutnya agar transaksi incoming dihitung ulang (reset).

5 – Bagaimana kita tahu nama pengirim dana ke mandiri e-cash?

Jika orang tersebut mengirim dari e-cash juga maka kita bisa lihat nama akun (pengirim) sedangkan jika dikirim dari atm, sms mandiri, internet banking maka tidak akan terlihat namanya, jadi jika ingin lebih mudah saat menerima uang lewat e-cash terutama untuk transaksi penjualan barang misalnya sebaiknya gunakan angka unik pada nominal transfernya.

Bagaimana Kita Tahu Uang Ke E-Cash Sudah Masuk

Jika ada orang yang ingin mengirim uang lewat e-cash ke rekening e-cash kamu maka kita dapat mengetahui apakah uang sudah masuk atau belum melalaui :

  1. Cek sms ke nomor handphone yang digunakan untuk daftar e-cash karena setiap ada dana masuk kita akan mendapat pemberitahuan lewat sms, berikut contohnya.Uang Ke E-Cash Sudah Masuk
  2. Cara lainnya adalah dengan dial ke nomor *141*6# kemudian pilih 7 e-Cash lalu pilih no 1 Info kemudian pilih lagi No.2 Mutasi atau no 1. Cek saldo lalu masukan PIN.
  3. Alternatif lain yaitu dengan membuka aplikasi mandiri e-cash di HP dan nanti akan terlihat pada tab timeline seperti pada gambar pertama.
Advertisement

Itulah sedikit info berdasarkan pengalaman pribadi bagaimana cara menerima uang lewat e-cash, semoga bisa bermanfaat dan jika masih ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya. Baca juga : bagaimana cara tarik tunai e-cash di atm mandiri.