Cara Menonaktifkan Spell Cheking Pada Google Chrome dan Firefox

Advertisement

Pernahkah anda merasa terganggu dengan spell cheking yang ditandai dengan garis bawah berwarna merah yang ada dibawah teks saat menulis artikel di blog WordPress maupun Blogger menggunakan web browser Google Chrome atau Mozilla Firefox?

Fitur spell check mungkin berguna jika kita menuliskan dalam bahasa Inggris karena akan melakukan pengecekan otomatis semua teks yang kita tulis dan jika ditemukan kesalahan penulisan maka akan diberi tanda garis bawah merah, sebaliknya jika bahasa yang digunakan adalah Indonesia maka fitur spell check pada Google Chrome maupun Firefox akan terasa menganggu.

Pada gambar dibawah, terlihat ada garis berwarna merah pada beberapa kata di judul artikel yang saya tulis ini menandakan bahwa fitur spell checking masih aktif. Baca juga : cara update Firefox Terbaru

Cara Menonaktifkan Spell Cheking Pada Google Chrome dan Firefox

Jika kamu kurang nyaman dengan munculnya garis merah pada setiap kata yang ditulis saat sedang ingin memposting artikel di blog, maka berikut adalah cara untuk menghilangkannya.

# 1 – Pada Google Chrome

  • Jalankan Google Chrome kemudian, ketik alamat ini pada kolom url chrome://flags/
  • Selanjutnya cari Enable Multilingual Spellchecker Windows, Linux, Chrome OS lalu ubah menjadi Disable.Cara Menonaktifkan Spell Cheking Pada Google Chrome
  • Scroll kebawah lalu klik tombol Relaunch (restart Chrome)

Setelah melakukan langkah seperti diatas silahkan cek kembali apakah garis merah sudah menghilang atau belum.

Jika belum menghilang walau sudah me-restart Google Chrome, maka coba juga lakukan perubahan seperti berikut ini.

  • Buka Google Chrome lalu ketik chrome://settings/languages
  • Kemudian hilangkan centang Enable Spell Checking lalu Done.

#2 – Cara Menghilangkan Spelling Chek di Mozilla Firefox

  • Buka Firefox lalu pilih menu Options – Advanced atau jika ingin lebih cepat ketik about:preferences#advanced pada kolom url lalu enter.
  • Terakhir hilangkan tanda centang pada Check my spelling as I type.

Itulah cara untuk menonaktifkan spell checking pada Google Chrome dan Firefox sehingga kita tidak akan lagi terganggu dengan garis berwarna merah yang muncul dibawah teks saat kita menulis artikel di blog WordPress ataupun Blogger.

Advertisement

Selamat mencoba dan jika cara diatas tidak berhasil atau kamu memiliki tips lebih baik silahakan berbagi pengalaman disini.

Latest Comments

  1. Sutopo Sasuke Januari 5, 2016