Cara Share Location Google Maps di Android

Advertisement

Opikini.com – Kali ini admin akan membahas bagaimana cara share location Google Maps di Android yang mungkin akan berguna saat kita ingin menunjukan titik lokasi GPS maupun lokasi real-time kita saat ini kepada orang lain.

Nah bagi kamu yang sudah sering menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari alamat atau penunjuk arah saat mengemudi namun belum tahu bagaimana cara membagikan lokasi pada Google Maps kepada orang lain maka silahkan simak pembahasan berikut ini.

#1 – Cara Share Location Google Maps di HP Android

Ini mungkin akan berguna saat kita janjian dengan orang lain kemudian orang tersebut belum tahu lokasi tepatnya seperti yang admin alami beberapa waktu lalu ketika ada teman yang ingin kumpul-kumpul di satu tempat yang belum pernah admin kunjungi sebelumnya.

Akhirnya admin minta agar salah satu teman menggunakan fitur temukan lokasi saya di Google Maps lalu kirimkan, dan akhirnya admin berhasil menemukan tempat tersebut.

Nah untuk yang ingin tahu bagaimana cara share location di Google Maps Android, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Setelah GPS aktif kemudian buka Google Maps.
  2. Ketika alamat atau nama tempat yang dimaksud.
  3. Setelah muncul di peta Google kemudian klik / tap Info Selengkapnya.
  4. Kemudian pilih BagikanCara Share Location Google Maps di HP Android
  5. Terakhir silahkan pilih mau lewat mana kita membagikan lokasi tempat tersebut, bisa melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, BBM, Line dan lainnya.

#2 – Cara Bagikan Lokasi Real-Time dari Google Maps

Tidak hanya lewat WhatsApp, kita juga bisa membagikan location real-time atau terkini melalui aplkasi peta Google di Android dengan cara sebagai berikut.

  1. Aktifkan GPS lalu buka aplikasi Google Maps di HP Android kamu.
  2. Kemudian tap Lokasiku untuk menemukan dimana kita berada. tap Lokasiku
  3. Setelah lokasi kita terbaca dengan benar kemudian pilih menu yang ada dipojok kiri atas.
  4. Pilih Bagi LokasiCara Bagikan Lokasi Real-Time dari Google Maps
  5. Jika muncul pemberitahuan “Tunjukan lokasi anda kepada teman” pilih MULAITunjukan lokasi anda kepada teman
  6. Selanjutnya kita bisa tentukan berapa lama akan share location Google Maps tersebut, untuk mengubahnya kita bisa tap tombol + atau .
  7. Kemudian silahkan pilih lewat apa kamu akan membagikan lokasi terkini tersebut, apakah lewat email, aplikasi WhatsApp, LINE, BBM, tautan dan sebagainya. Contoh saya pilih pakai WhatsApp kemudian kita tinggal pilih orang / kontak yang ingin dibagikan. Cara Share Location Google Maps di Android

Perbedaan cara kedua dengan yang pertama adalah kita bisa tentukan sampai kapan akan membagikan lokasi kepada orang lain mirip seperti shrare di WhatsApp.

Itulah tips atau cara share location Google Maps di Android sehingga orang lain bisa tahu lokasi gps dengan titik tertentu berdasarkan dimana kita sedang berada atau alamat tertentu sesuai dengan yang kita cari. Selamat mencoba.

Jika ada yang kurang jelas untuk info lebih lanjut silahkan baca : Google Support – Berbagi lokasi real-time Anda dengan orang lain.

Advertisement

Leave a Reply