Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain

Advertisement

Ada dua cara mudah share/transfer file APK atau aplikasi Android ke HP lain yaitu lewat Bluetooth dan WiFi dengan menggunakan tambahan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk berbagi file apk antar ponsel Android.

Transfer aplikasi Android (apk) akan sangat berguna jika kita memiliki lebih dari satu buah HP, dan dapat menghemat kuota paket data yang digunakan karena tidak perlu mendownload aplikasi yang sama berulang-ulang pada setiap HP.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagi file apk, seperti ShareApps dan SuperBeam. Keduanya dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store, apps ini memiliki metode koneksi yang berbeda jika ShareApps lewat bluetooth sedangkan SuperBeam via Wifi dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingakan bluetooth.

Dua Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain


1. Menggunakan ShareCloud (Share Apps) – Via Bluetooth

Keunggulan cara ini adalah, hanya perlu install aplikasi shareapps pada HP yang akan mengirim sedangkan yang akan menerima hanya perlu mengaktifkan bluetooth saja, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi ShareCloud (Share Apps) dari Google Play Store.
  2. Aktifkan bluetooth di kedua ponsel yang akan digunakan dan pastikan di HP penerima anda sudah atur bluetooth agar ditemukan dengan mencentang “make visible to other devices”
  3. Jalankan aplikasi ShareCloud di HP pengirim lalu pilih menu Aplikasi.
  4. Cari file aplikasi yang akan dikirim kemudian pilih menu titik 3 yang ada dipojok kanan nama aplikasi lalu pilih Bagikan.Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain
  5. Pilih Bluetooth.
  6. Kemudian akan muncul opsi untuk memilih devices, pilihah HP yang akan menerima file aplikasi tersebut.Transfer APK via Bluetooth
  7. Di HP Android yang akan menerima, akan muncul notifikasi. Pilih Accept untuk menerima dan tunggu sampai proses selesai.

Aplikasi ShareCloud yang dulunya bernama Share Apps juga dapat digunakan untuk mengirim file gambar, video, musik, maupun file lainnya lewat BBM, WhatsApp, Email, Google Drive dan lainnya.


2. Menggunakan SuperBeam Lewat Wifi

  1. Install terlebih dahulu aplikasi SuperBeam dari Google Play Store berikut ini.
  2. Jalankan aplikasinya di kedua ponsel.
  3. Di HP Pengirim, pilih menu – Send, lalu pilih Apps. Kemudian pilih apk apa saja yng ingin ditransfer setelah itu tap icon panah untuk memulai proses pengiriman.Cara-SuperBeam-Android
  4. Di HP Penerima, Pilih Menu – Receive lalu scan qr code yang muncul di ponsel pengirim dengan mengarahkan kamera agar terbaca setelah file akan otomatis diterima dan tunggu sampai proses selesai.Cara-Menggunakan-SuperBeam

Kesimpulan – ShareCloud memiliki keunggulan yaitu kita tidak perlu install aplikasi ini pada HP yang akan menerima namun kekurangannya tentu ada pada kecepatan transfer yang masih kalah lebih cepat dibandingkan lewat wifi. Superbeam memiliki keunggulan dalam hal kecepatan transfer apk terutama jika ukurannya cukup besar, namun kekurangannya kedua HP baik yang mengirim maupun penerima harus sama-sama menginstall superbeam.

Advertisement

Sangat mudah bukan copy atau transfer file aplikasi apk ke HP Android lain, mana yang terbaik? itu semua tergantung kebutuhan dan seleran anda, namun jika menginginkan kecepatan dan tidak perlu melakukan pengaturan yang membingungkan maka SuperBeam adalah pilihan yang paling tepat. Baca : Cara Menggunakan SuperBeam.