Advertisement

Cara Untuk Mengungkapkan Rasa Lelah dalam Bahasa Korea

Advertisement
Halo semua! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang berbagai cara untuk mengungkapkan rasa lelah dalam bahasa Korea.
Rasa lelah merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang, terutama setelah melakukan aktivitas yang melelahkan atau kurang tidur.
Di Korea sendiri, terdapat beberapa ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan rasa lelahmu dengan lebih spesifik dan menarik perhatian.

Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Untuk Mengungkapkan Rasa Lelah dalam Bahasa Korea

Berbagai Variasi Ungkapan Lelah dalam Bahasa Korea

Langsung saja, mari simak beberapa ungkapan lelah dalam Bahasa Korea berikut ini!

Cara Mengatakan Permisi dalam Bahasa Korea

1. 피곤해요 (Pigonhaeyo)

Kalimat sederhana ini adalah cara paling umum untuk mengungkapkan rasa lelah dalam bahasa Korea. Kamu bisa mengatakan “피곤해요” ketika merasa lelah setelah bekerja keras atau aktivitas fisik yang melelahkan.

Advertisement

Ungkapan ini sederhana dan mudah dipahami oleh siapapun yang berbahasa Korea.

2. 졸려요 (Jollyeoyo)

Ketika merasa lelah dan mengantuk, kamu bisa menggunakan ungkapan “졸려요”. Ungkapan ini bisa kalian gunakan ketika merasa ingin tidur atau mata terasa berat karena kurang tidur.

Ini adalah cara yang baik untuk menyatakan bahwa kamu butuh istirahat yang cukup.

3. 힘들어요 (Himdeulheoyo)

Ungkapan ini bisa kita gunakan ketika merasa lelah secara emosional atau mental, bukan hanya secara fisik. Misalnya, setelah menghadapi hari yang penuh dengan tantangan atau tekanan, kalian bisa mengatakan “힘들어요” untuk menyatakan bahwa kamu merasa lelah secara menyeluruh.

4. 지친 것 같아요 (Jichin geot gatayo)

Ungkapan satu ini lebih spesifik dalam menyatakan rasa lelah dan kelelahan. Ungkapan “지치다” berarti “kelelahan” atau “letih”, jadi kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk menyatakan bahwa kalian merasa kelelahan secara menyeluruh dan butuh istirahat.

5. 활력이 없어요 (Hwaryeogi eopseoyo)

Ungkapan berikut ini menggambarkan bahwa kamu merasa tidak memiliki energi atau semangat. Ketika merasa lelah secara fisik maupun mental dan merasa sulit untuk melakukan aktivitas apa pun, kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk menyatakan bahwa kamu butuh istirahat dan waktu untuk mengembalikan energimu.

6. 살려줘 (Sallyeojwo)

Terakhir, terdapat ungkapan yang sedikit lebih santai dan ekspresif, digunakan ketika merasa sangat lelah dan hampir tidak bisa bertahan lagi.

Ungkapan “살려줘” secara harfiah berarti “selamatkan aku”, tetapi dalam konteks ini, bisa kalian gunakan untuk menyatakan bahwa kamu sangat butuh istirahat atau bantuan untuk mengatasi rasa lelahmu.

Ungkapan Kelelahan dengan Penekanan

Selanjutnya, mari kita bahas tentang beberapa ungkapan kelelahan dengan penekanan dalam bahasa Korea. Saat merasa benar-benar lelah dan ingin menekankan tingkat kelelahanmu, ungkapan-ungkapan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyatakan perasaanmu dengan lebih kuat dan jelas.

Mari simak penjelasan berikut ini!

1. “Jeongmal kkeun-naeryeosseo” (정말 꾸나렸어)

Kamu mungkin pernah mendengar atau menggunakan ungkapan ini ketika merasa sangat lelah dan hampir tidak bisa bertahan lagi.

“정말 꾸나렸어” secara harfiah berarti “saya benar-benar lelah”, tetapi dalam konteks ini, bisa kalian gunakan untuk menunjukkan bahwa kelelahanmu sangat parah dan membutuhkan istirahat segera.

2. “Geu jeongmal pu-eotseumnida” (그 정말 피었습니다)

Ungkapan ini juga memiliki tingkat penekanan yang kuat untuk menyatakan tingkat kelelahan yang ekstrem. Ketika merasa benar-benar lelah dan hampir tidak mampu untuk melanjutkan aktivitasmu, kamu bisa menggunakan ungkapan “그 정말 피었습니다”.

Ungkapan ini menunjukkan bahwa kamu telah mencapai titik terendah dalam hal kelelahan dan membutuhkan waktu untuk pulih.

Idiom dan Ungkapan Figuratif tentang Kelelahan

Langkah berikutnya, mari kita bahas tentang beberapa idiom dan ungkapan figuratif dalam bahasa Korea yang berkaitan dengan kelelahan.

Idiom dan ungkapan ini sering digunakan untuk menggambarkan rasa lelah secara lebih kreatif dan ekspresif.

1. “Mom-i bakkeul-yeoganda” (몸이 박을 엇간다)

Ungkapan ini bisa kalian gunakan untuk menyatakan bahwa tubuh terasa sangat lelah dan kelelahan yang ekstrem. Secara harfiah, ungkapan ini berarti “tubuh terasa seperti terbakar”, tetapi dalam konteks ini, digunakan untuk menunjukkan tingkat kelelahan yang sangat tinggi dan hampir tidak bisa bertahan lagi.

2. “Gaseumi kkeun-naeryeosseo” (가슴이 꾸나렸어)

Selanjutnya, ungkapan satu ini menggambarkan rasa lelah yang mempengaruhi emosi dan mental seseorang. Secara harfiah, ini berarti “hati terasa sangat lelah”, tetapi dalam konteksnya, digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang merasa sangat lelah secara emosional dan mental, bahkan mungkin sampai pada titik putus asa.

3. “Nun-e muli naerigi sijakhaessda” (눈에 물이 내리기 시작했다)

Ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan tingkat kelelahan yang sangat tinggi, hingga mata menjadi terasa seperti terisi dengan air mata.

Hal ini menunjukkan bahwa seseorang sudah sangat lelah sampai-sampai hampir menangis.

4. “Eoreuni ssahineun geos gatda” (어른이 쏘인는 것 같다)

Ungkapan ini secara harfiah berarti “terasa seperti ditembak oleh dewasa”, dan digunakan untuk menggambarkan kelelahan yang menyebabkan seseorang merasa seperti terkena tembakan atau diserang secara fisik.

Berbagai Cara Mengatakan Maaf dalam Bahasa Korea

5. “Hwanhage tabnaneun jung” (환하게 탄나는 중)

Terakhir, terdapat ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan bahwa seseorang merasa sangat lelah dan hampir tidak bisa melanjutkan aktivitasnya.

Secara harfiah, ungkapan ini berarti “sedang dalam proses kehilangan cahaya”, menunjukkan bahwa energi dan semangat seseorang sedang meredup.

 

Oke, itulah beberapa Cara Untuk Mengungkapkan Rasa Lelah dalam Bahasa Korea. Dengan menggunakan berbagai ungkapan ini, kamu bisa lebih spesifik dan menarik perhatian saat menyatakan rasa lelahmu dalam bahasa Korea.

Jadi, saat merasa lelah, jangan ragu untuk menggunakan salah satu dari ungkapan di atas untuk menyatakan perasaanmu dengan tepat dan jelas kepada orang lain.