Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android

Cara cek pajak kendaraan bermotor Jawa Barat online lewat HP Android bisa menjadi pilihan tepat saat ingin tahu berapa biaya pajak atau perpanjangan stnk motor maupun mobil yang terdaftar di wilayah provinsi Jawa Barat termasuk Bekasi Kota, Cibinong dan lainnya.

Advertisement

Kenapa saya bilang pilihan tepat? karena kalau cek via sms biasanya tidak ada balasan dan saat ini untuk Jawa Barat tidak bisa cek online melalui web berbeda dengan provinsi lain misalnya DKI Jakarta dimana kita bisa cek langsung melalui web.

Sedangkan untuk Jawa Barat, pengecekan pajak motor atau mobil yang paling cepat dan akurat hasilnya adalah dengan menggunakan aplikasi SAMBARA atau Samsat Mobile Jawa Barat yang bisa diunduh langsung dari Google Play Store.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android

  1. Download aplikasi samsat online Jawa Barat (SAMBARA) dari Google Play Store ini.
  2. Setelah terpasang kemudian jalankan.
  3. Untuk mengecek pajak kendaraan Jawa Barat caranya pilih menu Info PKBCek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android
  4. Lalu isi kolom yang tersedia dengan plat nomor kendaraan yang ingin dicek, misalnya F 1234 FCH lalu pilih tombol Caricek nopol kendaraan online jabar
  5. Jika ditemukan maka akan keluar hasilnya berupa informasi yang berisi merk, model, tahun, warna, no rangka, no mesin, PKB, PKB denda, SWDKLLJ, PNPB STNK, tanggal pajak, milik ke berapa, serta total biaya pajak tahunan yang harus dibayar. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat OnlineSeperti terlihat pada gambar, informasi kendaraan yang ditampilkan sangat lengkap berbeda dengan hasil pengecekan lewat sms.

Gambar diatas merupakan contoh perhitungan pajak motor vario cbs iss 2018 yang baru tadi siang beres STNK nya dan karena menurut petugas dealer saya kena pajak progresif kepemilikan kedua akhirnya saya cek sendiri melalui aplikasi sambara dan ternyata benar saja saya kena pajak progresif 2.5% karena motor lama yang sudah dijual 5 tahun lalu masih menggunakan nama saya di stnknya dan mungkin kedepannya akan segera diblokir ke samsat agar tidak kena progresif lagi.

Jadi jika kamu ingin tahu berapa biaya perpanjangan stnk yang harus dibayar maka silahkan unduh aplikasi SAMBARA dari Google Play Store karena aplikasi tersebut bisa menampilkan info pajak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda 4 di Jabar secara online.

Ingat yang bisa kita cek hanya informasi yang berhubungan dengan pajak saja atau hampir sama dengan yang tertera pada STNK namun tidak bisa dipakai untuk mengecek nama pemilik atau identitas pemilik lainnya.

Aplikasi ini tidak hanya bisa untuk mengecek biaya stnk mobil atau motor baru maupun second tetapi bisa juga untuk mencari tahu jadwal dan lokasi samsat keliling di Jabar.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara cek pajak kendaraan bermotor Jawa Barat online lewat HP Android bukan via sms yang sering tidak mendapat balasan. Baca juga : perbedaan vario 125 esp cbs dan vario esp cbs iss.

Advertisement