Dua Cara Mengatasi Lupa No Virtual Account BPJS

Mau membayar tagihan BPJS kesehatan pertama kali tetapi lupa no virtual account bpjs yang akan dibayar? jangan panik karena ternyata ada dua cara mudah untuk mengetahui nomor VA tersebut.

Nomor virtual account BPJS adalah terdiri dari kombinasi kode 5 angka tergantung bank yang digunakan yaitu BNI, BRI, BTN kodenya 88888-0 sedangkan Mandiri 89888-0 ditambah 10 digit dari belakang no kartu BPJS yang kita miliki.

Jadi ketika lupa no virtual account bpjs, cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan menghilangkan 2 angka 00 dari depan lalu gabungkan dengan kode sesuai bank yang akan digunakan untuk membayar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak panduan dibawah ini.

Dua Cara Mengatasi Lupa No Virtual Account BPJS

#1 – Cara Pertama

Gabungkan kode bank rekening bpjs dengan 10 digit terakhir no kartu, contoh no kartu adalah 0001725722199 maka untuk mengetahui nomor virtual peserta adalah:

  • BNI : 8888-0-1725722199
  • BRI : 8888-0-1725722199
  • BTN : 8888-0-1725722199
  • Mandiri : 89888-0-1725722199

#2 – Cara Kedua

Jika kurang yakin dengan cara pertama maka, alternatifnya adalah dengan menginstall aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di HP Android dan berikut langkahnya:

  1. Install BPJS Kesehatan Mobile dari Google Play Store.
  2. Kemudian silahkan lakukan pendaftaran dengan melengkapi formnya dan gunakan alamat email aktif karena akan ada langkah verifikasi.
  3. Setelah berhasil daftar silahkan login.
  4. Jika aplikasi sudah terbuka pilih menu Cek VA dan nanti akan muncul no virtual account bpjs kesehatan seperti gambar berikut ini.Dua Cara Mengatasi Lupa No Virtual Account BPJS

Aplikasi BPJS Kesehatan ini sebetulnya tidak hanya bisa untuk mengecek no VA tetapi bisa juga untuk melihat daftar peserta yang terdaftar, cek status pembayaran atau tagihan dan masih banyak lagi.

Nah setelah kita mengetahui nomor virtual account yang lupa tersebut sebaiknya segera catat dan lakukan pembayaran melalui atm, internet banking atau cara lainnya.

Bagaimana jika kartu bpjs hilang sehingga tidak tahu nomor pesertanya? jika ini terjadi sebaiknya anda langsung hubungi pihak bpjs untuk mengurusnya dan jika ingin cepat atau ingin tahu lebih lengkap maka anda bisa hubungi pihak bpjs via telepon maupun Twitter di akun resminya yaitu @BPJSKesehatanRI.

Info lain yang saya dapat untuk menghindari lupa no virtual account dan bisa membayar tepat waktu adalah dengan meminta fitur autodebet tetapi kalau tidak salah baru bisa untuk peserta yang membayar dengan rekening mandiri dan BRI.