Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

E-KTP Cibinong Kab Bogor Rekam September 2016 Akhirnya Jadi Juga

Opikini.com – Setelah satu tahun lebih menunggu E-KTP Cibinong Kab Bogor perekaman 30 September 2016 akhirnya jadi juga, senang rasanya akhirnya bisa memiliki e-ktp seumur hidup setelah sekian lama menunggu dan tidak perlu repot lagi memperpanjang resi atau e-ktp sementara yang hanya berlaku untuk 6 bulan.

Advertisement

Memang tanpa e-ktp kita bisa mengurus berbagai keperluan resmi misalnya memperpanjang sim c, membuat rekening bank dan lainnya termasuk daftar BPJS secara normal dengan catatan sudah melakukan perekaman dan membawa resi ktp sementara, namun tentu sangat merepotkan karena setiap 6 bulan resi harus diperpanjang agar tetap berlaku dan bisa digunakan.

Jadi tidak heran kalau e-ktp ini sangat ditunggu oleh semua orang yang belum memiliki termasuk saya yang harus sabar menunggu 1 tahun lebih.

Cara Cek E-KTP Cibinong Kab Bogor Sudah Jadi Atau Belum

Sebelumnya kita bisa mengecek apakah e-ktp kab Bogor termasuk kecamatan Cibinong sudah jadi atau belum melalui halaman facebook e-ktp Cibinong tapi belakangan muncul aplikasi KTPELMU dan akhirnya halaman FB yang biasa menginformasikan pencetakan e-ktp sekarang sudah berubah fungsi jadi tidak lagi melayani info pencetakan kartu tanda penduduk.

E-KTP Cibinong Kab Bogor Rekam September 2016 Akhirnya Jadi Juga

Jadi cara untuk mengecek e-ktp Cibinong atau kecamatan lain di Kabupaten Bogor melalui HP Android caranya adalah:

  1. Download aplikasi KTPELMU dari Google Play Store.
  2. Kemudian jalankan lalu pilih tanggal perekaman yang bisa dilihat pada bukti rekam.
  3. Pilih Kecamatan, misalnya Cibinong, Cileungsi dan lainnya dan jika sudah tercetak maka akan muncul keterangan data ditemukan atau Status E-KTP Sudah tercetak.

Untuk memastikan kamu bisa datang ke kelurahan setempat dan mengecek karena berdasar pengalaman saya, setelah selesai tercetak e-ktp dikirim ke kelurahan kemudian dibagikan ke RW lalu RT.

Jadi paling cepat untuk mengecek apakah benar sudah tercetak atau belum sesuai dengan data dari aplikasi KTPELMU, cek dulu di RT lalu RW dan jika belum ada maka bisa cek ke kelurahan lalu kecamatan.

Jangan terbalik seperti saya yang mengecek langsung ke kecamatan lalu ke kelurahan dan ternyata di kelurahan sudah dibagikan ke RW dan ternyata RW sudah menyerahkan ke RT 🙂

Di Aplikasi KTPELMU Sudah Tercetak Tapi di Kecamatan Belum Jadi?

Saat tulisan ini dibuat, untuk kecamatan Cibinong sepertinya baru mengutamakan pencetakan e-ktp pengajuan baru jadi yang baru dicetak memang yang benar-benar baru melakukan perekaman diata tahun 2015.

Jadi jika kamu melakukan perubahan data, atau melakukan perekaman pada tahun 2012-2015 lalu belum jadi juga dan sudah mengecek ke kecamatan maka itu masuknya ke kategori penggantian dan saat ini memang belum tercetak walaupun diaplikasi ktpelmu jika kita cek tanggalnya sudah jadi.

Kesimpulannya, untuk Kab Bogor pencetakan ktp yang diutamakan adalah untuk pengajuan baru dan untuk yang mengubah data seperti pindah alamat, ganti status atau belum tercetak dari 2012-2015 itu masuk ke kategori penggantian dan memang belum ada info lanjutan kapan akan dicetak seperti punya istri saya 🙁

Advertisement

Latest Comments

  1. suranto Maret 31, 2018