Kumpulan Cara Mengisi Form PDF Online dan Offline

Opikini.com – Pernah mendapat formulir dalam format PDF kemudian anda diminta untuk mengisinya? lalu tahukah anda bagaimana cara mengisi form pdf dengan mudah baik secara online maupun offline, nah jika belum tahu silahkan lanjut membaca artikel ini.

Waktu pertama kali diminta untuk mengisi formulir yang dikirim lewat email dalam format PDF saya sedikit bingung karena tidak tahu bagaimana mengisi formulir tersebut, sempat terpikir untuk diprint terlebih dahulu lalu diisi dan scan ulang.

Padahal tidak seperti itu, karena ada banyak cara mudah mengisi formulir PDF secara gratis. Baca juga : cara mengubah file PDF ke MS Word.

Kumpulan Cara Mengisi Form PDF Dengan Mudah

Biasanya jika jenis form yang harus diisi tidak terlalu penting atau tidak terdapat data-data rahasia pribadi maka saya lebih memilih cara online, sebaliknya jika datanya cukup penting maka saya akan pilih menggunakan software seperti Foxit Reader maupun beberapa aplikasi pembaca PDF lainnya karena saat ini rata-rata software pembaca PDF sudah dilengkapi dengan form filler, oke tidak panjang lebar lagi berikut beberapa cara yang bisa anda pilih.


#1 – Mengisi Formulir PDF Secara Online
Langkah pertama kunjungi halaman pdfescape.com lalu klik Choose file untuk mengupload file yang akan kita isi dan tunggu sampai selesai.

Mengisi Formulir PDF Secara Online

Selanjutnya akan terbuka halaman baru, dan untuk mengisi silahkan arahkan kursor mouse pada field yang diinginkan, biasanya berwarna biru yang menandakan bahwa kolom tersebut bisa diisi.

Kumpulan Cara Mengisi Form PDF Online dan Offline

Setelah selesai, simpan perubahan dengan cara klik icon disk yang ada dimenu kiri, terakhir download.


#2 – Mengisi Secara Offline Dengan Foxit Reader

Jika anda tidak memiliki Foxit Reader, bisa juga menggunakan aplikasi lain seperti Nitro Reader 3 atau PDF-XChange Viewer, dan berikut langkah-langkahnya.

Jalankan Foxit Reader lalu buka file yang ingin kita isi, setelah terbuka silahakan klik pada kolom yang berwarna biru dan isi sesuai kebutuhan, untuk tanda centang anda hanya perlu klik pada kotak yang telah disediakan.

Mengisi Secara Offline Dengan Foxit Reader

Setelah selesai melakukan pengeditan, simpan file dengan cara tekan CTRL + S atau klik icon disk atau pilih Menu File – Save As.

Penting : jika ingin file asli tetap ada sebaiknya simpan form yang telah kita isi tersebut dengan nama berbeda.

#3 – Mengisi Formulir PDF di Android

Bagi yang ingin mengisi formulir PDF di HP Android maka salah satu aplikasi gratis yang bisa digunakan adalah Xodo PDF Reader Editor dan caranya cukup mudah yaitu download Xodo Docs dari Google Play Store.

Mengisi Formulir PDF di Android

Setelah didownload kemudian jalankan dan buka file pdf yang berisi formulir tersebut, untuk mengisinya cukup tap pada kolom yang diinginkan lalu isi.

Itulah sebagian cara yang bisa kita lakukan saat ingin mengisi formulir dalam bentuk PDF baik di komputer maupun Android mudah bukan.

Pilih cara yang mana itu tergantung pilihan anda, dan seperti sudah saya sebutkan diatas, biasanya cara online hanya digunakan saat akan mengisi formulir yang tidak mengandung data-data pribadi dan rahasia. Baca juga : cara mengubah File PDF ke JPG.