Advertisement

Bagaimana Mengatakan Lezat dalam bahasa Korea

Advertisement
Opikini.com! Ketika mencicipi makanan yang enak di Korea, pasti kamu ingin tahu bagaimana mengungkapkan kelezatannya, bukan? Hari ini kita akan membahas cara mengungkapkan “lezat” dalam bahasa Korea. Nah, mari kita lihat beberapa kata yang bisa kalian gunakan untuk menggambarkan makanan yang enak tersebut.

Bagaimana Mengatakan Lezat dalam bahasa Korea

Ungkapan Lezat dalam Bahasa Korea

Langsung saja, mari simak beberapa ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan lezat dalam bahasa Korea.

Arti Molla dalam Bahasa Korea beserta Contoh Kalimatnya

1. “맛있다” (mashitta)

Jadi, salah satu kata yang sering digunakan untuk mengatakan “lezat” dalam bahasa Korea adalah “맛있다” (mashitta). Ketika menyantap sesuatu yang benar-benar nikmat, kamu bisa menggunakan kata ini untuk mengekspresikan kelezatannya.

Misalnya, ketika menyantap hidangan Korea yang enak, kamu bisa mengatakan, “이 음식 정말 맛있어요!” yang berarti “Makanan ini benar-benar lezat!”

2. “좋다” (chota)

Advertisement

Selain itu, bisa juga menggunakan kata “좋다” (chota), yang secara harfiah berarti “bagus” atau “baik.” Ketika menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan makanan, kamu sedang mengatakan bahwa makanan tersebut enak atau lezat.

Jadi, jika ingin mengekspresikan kelezatan sebuah makanan, kamu bisa mengatakan, “이 음식 정말 좋아요!”

3. “고소하다” (gosohada)

Ada juga kata lain yang bisa kamu gunakan, yaitu “고소하다” (gosohada), yang merujuk pada rasa yang khas dan lezat. Kata ini sering digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.

Misalnya, jika menyantap sup yang memiliki rasa yang khas, kamu bisa mengatakan, “이 수프 정말 고소해요!”

Ungkapan Idiomatis yang Mengekspresikan Kelezatan dalam Bahasa Korea

Selanjutnya, dalam bahasa Korea, terdapat beberapa ungkapan idiomatis yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan betapa lezatnya makanan.

Mari kita bahas beberapa di antaranya!

1. Memuji Rasa yang Menggugah Selera

Ungkapan pertama yang ingin saya bagikan adalah “입이 달다” (ipi darda). Ungkapan ini secara harfiah berarti “mulut manis”.

Jadi, ketika mengatakan bahwa makanan itu “입이 달다”, kamu sebenarnya menyatakan bahwa rasanya sangat manis dan menggugah selera. Sangat cocok untuk makanan pencuci mulut yang manis!

2. Menggambarkan Rasa yang Menggetarkan Lidah

Selanjutnya, ada ungkapan “입이 쩔어지다” (ipi jjureojida), yang bisa kalian gunakan untuk menggambarkan rasa yang membuat lidahmu bergoyang!

Ungkapan ini menyiratkan bahwa makanan tersebut sangat lezat sehingga membuatmu ingin segera menyantapnya lagi. Bayangkan hanya dengan menyebutnya, sudah terasa kelezatannya, bukan?

3. Menggunakan Kata-kata yang Menyegarkan

Ungkapan selanjutnya adalah “입이 시원하다” (ipi siwonhada). Meskipun secara harfiah berarti “mulut terasa segar”, ungkapan ini sebenarnya digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang menyegarkan dan menyenangkan.

Jadi, jika menyantap sesuatu yang membuatmu merasa segar dan puas, ungkapan ini sangat pas!

4. Menyatakan Kelezatan secara Umum

Terakhir, ada ungkapan “맛있어요!” (masisseoyo), yang merupakan cara paling sederhana dan umum untuk menyatakan bahwa makanan itu lezat.

Ungkapan ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan tidak kalah efektifnya dalam menyampaikan kelezatan makanan yang kamu nikmati.

Tingkatan Formalitas dalam Mengungkapkan Kelezatan dalam Bahasa Korea

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai tingkatan formalitas dalam mengungkapkan kelezatan dalam bahasa Korea. Pasalnya, ketika berbicara tentang makanan, penting untuk memperhatikan tingkat keformalan yang kalian gunakan, terutama tergantung pada siapa kita berbicara.

Mari kita bahas lebih lanjut!

1. Tingkatan Formalitas dalam Bahasa Korea

Ketika berbicara dengan teman atau keluarga, kamu bisa menggunakan ungkapan yang lebih santai dan informal untuk menyatakan kelezatan makanan.

Misalnya, bisa dengan menggunakan ungkapan seperti “맛있어요” (masisseoyo), yang artinya “lezat” atau “enak”, hal ini merupakan ungkapan yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Tingkat Sedang

Jika berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau dalam situasi yang lebih resmi, kamu mungkin ingin menggunakan tingkat keformalan yang sedang.

Ungkapan seperti “정말 맛있습니다” (jeongmal masisseumnida), yang artinya “sangat lezat”, lebih cocok kita gunakan dalam situasi seperti ini. Ungkapan ini menunjukkan rasa hormat dan kesopanan.

Bagaimana Mengatakan Sungguh dalam Bahasa Korea

3. Tingkat Tinggi

Ketika berada dalam situasi yang sangat formal atau berbicara dengan seseorang yang lebih berstatus, penting untuk menggunakan tingkat keformalan yang tinggi.

Dalam konteks ini, ungkapan seperti “정말 맛있어요” (jeongmal masisseoyo) atau “정말 맛있습니다” (jeongmal masisseumnida) adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, ungkapan-ungkapan ini menunjukkan penghargaan dan kesopanan yang tinggi.

 

Jadi, teman-teman, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan “lezat” dalam bahasa Korea. Mulailah menggunakan kata-kata ini ketika menyantap makanan Korea yang enak, dan teman-teman lokal akan senang mendengarnya!

Semoga artikel ini dapat membantu memperluas kosakata bahasa Korea-mu dan membuat pengalaman makanmu di Korea menjadi lebih berwarna!