Mencoba Browser Microsoft Edge Untuk Android

Advertisement

Browser Microsoft Edge untuk Android akhirnya resmi dirilis dan sudah tersedia untuk didownload dari Google Play Store dengan ukuran sekitar 65MB dan bisa digunakan di HP Android dengan OS KitKat (4.4) ke atas.

Setelah mencoba edge untuk Android, admin berpendapat mobile browser yang satu ini tidak jauh berbeda dengan browser Android lainnya seperti Google Chrome, Firefox dan sebagainya artinya tidak terlihat ada yang istimewa kecuali bagi anda pengguna Windows 10.

Bagi yang menggunakan OS Windows 10 maka edge ini bisa sangat bermanfaat ketika ingin browsing situs yang sama di HP dan di PC, cukup dengan login ke akun Microsft yang sama di HP dan PC kemudian nanti akan disinkronisasi.

Tampilan Browser Microsoft Edge Untuk Android

Sekilas, tampilan Microsoft Edge di Android mirip dengan Google Chome namun tentu saja ada beberapa perbedaan diantaranya adalah mesin pencari utama yang digunakan oleh Edge adalah Bing.

Tampilan Browser Microsoft Edge Untuk Android

Seperti terlihat pada gambar diatas, tampilannya flat dengan dominasi warna putih mirip seperti Google Chrome. Dibagian bawa ada beberapa menu yang berfungsi untuk back, forward, sign in, membuka tab baru serta mengakses menu setting.

Baca juga : cara screenshot full satu halaman.

Cara Share atau Print Web Di Edge Untuk Android

Bagi yang ingin membagikan halaman yang sedang dibaca kepada teman melalui aplikasi chat, Facebook dan lainnya maka caranya adalah tap menu titik 3 yang ada dibagian pojok kanan bawah lalu pilih tombol Share kemudian silahkan pilih melalui aplikasi apa kamu ingin membagikan halaman tersebut.

Cara Share atau Print Web Di Edge Untuk Android

Jadi jika kamu ingin berbagi url lewat WhatsApp, LINE, Facebook, SMS dan lainnya maka caranya seperti tampak pada gambar diatas.

Sedangkan jika ingin mencetak sebagai PDF caranya pilih share – print, atau sama dengan saat ingin menyimpan html ke pdf di Google Chrome Android.

Baca juga : Bagaimana cara membaca PDF via Browser.

Tidak hanya bisa membagikan halaman web via chat dan cetak, edge untuk Android juga sudah menyediakan fitur private browsing yaitu berguna agar cookies dan riwayat browsing akan langsung terhapus setelah kita selesai berselancar di dunia maya jadi privasi kamu akan tetap aman karena tidak tersimpan pada history browser.

Cara Mengganti Mesin Pencari Utama di Edge Android

Secara default edge menggunakan Bing sebagai mesin pencari dan jika kamu ingin mengubahnya menjadi Google atau Yahoo caranya adalah buka menu settingDefault Search Engine lalu pilih seseuai yang diinginkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai browser Android dari Microsoft dan bagi yang ingin mencoba silahkan download Microsoft Edge Untuk Android dari Google Play Store.

Advertisement