Mencoba Fitur Screenshots Mozilla Firefox

Advertisement

Opikini.com – Setelah update Mozilla Firefox, saya lihat ada satu ikon baru dibagian toolbar dan ternyata itu adalah fitur screenshots Mozilla Firefox yang baru diluncurkan walau saya tidak tahu kapan tepatnya.

Tetapi yang pasti dengan hadirnya fitur screenshot di Mozilla ini semakin memudahkan pengguna saat ingin mengcapture bagian tertentu pada halaman web bahkan bisa full satu halaman tanpa perlu menambah add-on terlebih dahulu.

Hasil capture yang kita buat bisa disimpan selama 14 hari bahkan dibagikan ke sosial media seperti Twitter, Facebook, Pinterest dan email atau bisa juga langsung didownload ke komputer dalam format png.

Cara Menggunakan Fitur Screenshots Mozilla Firefox

Pertama-tama buka halaman web yang ingin diambil screenshot dengan browser mozilla lalu setelah terbuka klik ikon Firefox Screenshots yang ada pada toolbar (lihat gambar dibawah ini)

Cara Menggunakan Fitur Screenshots Mozilla Firefox

Untuk mengambil capture caranya gerakan mouse ke area yang diinginkan, kemudian klik lalu sesuaikan areanya dengan cara menggeser pada bagian kanan kiri atas bawah.

Fitur Screenshots Mozilla Firefox

Jika sudah selesai kemudian untuk menyimpannya bisa langsung klik tombol download atau Save, sehingga nantinya bisa dibuka dan dibagikan kepada orang lain.

Menariknya fitur screenshots dari Firefox ini bisa juga kita pakai untuk mengambil capture full satu halaman web, caranya tentukan titik awal capture lalu tarik pada salah satu lingkaran (area screenshot) sampai bawah pada halaman web yang sedang kita buka tersebut.

Sedangkan untuk membatalkan, atau mengulang pengambilan capture cukup tekan ESC.

Baca juga : cara save halaman web ke PDF.

Kelebihan Fitur Screenshots Mozilla Firefox

  1. Tidak perlu install add-on tambahan.
  2. Memiliki fitur save dan setiap capture yang kita buat akan tersimpan di screenshots.firefox.com (berlaku 14 hari). Dengan demikian kita bisa share atau bagikan hasil screen capture tersebut kepada orang lain bahkan bisa kita copy urlnya sehingga bisa dibuka dari web browser lain.
  3. Bisa capture sebagian (region) misalnya kita hanya ingin ambil gambarnya saja maka caranya tinggal gerakan kursor mouse ke area yang diinginkan dan nanti akan langsung muncul kotak untuk capture area tersebut. Contoh ketika ingin menyimpan gambar dari halaman web tertentu maka kita tinggal klik pada area gambar dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Kelebihan Fitur Screenshots Mozilla FirefoxSeperti terlihat pada gambar diatas, ketika diklik pada area gambar maka akan secara otomatis screenshot Mozilla membaca area gambar saja dengan demikian kita tidak perlu repot tarik sana tarik sini lagi.
Advertisement

Kesimpulan, untuk membuat screenshot di Mozilla Firefox saat ini tidak perlu tambahan add-on lagi karena sudah disediakan oleh Mozilla namun jika pada browser kamu tidak terdapat fitur ini maka coba update dulu ke versi terbaru. Sebagai catatan saat tulisan ini dibuat versi yang saya gunakan adalah versi 55. Baca juga : Cara Upload video Instagram via Mozilla.