Mencoba Vivaldi, Web Browser Alternatif Google Chrome dan Firefox

Advertisement

Opikini.com – Ada banyak web browser yang tersedia saat ini, salah satunya adalah vivaldi yang mungkin belum sepopuler Google Chrome, IE, Firefox maupun Opera. Karena penasaran akhirnya saya download lalu install vivaldi web browser di Windows 7 dan pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman serta kesan menggunakan vivaldi.

Saat pertama kali menggunakan Vivaldi web browser, rasanya seperti sedang menggunakan Opera atau Chromium namun semakin lama barulah terasa perbedaannya karena menurut saya web browser yang satu ini lebih responsif atau cepat, baik saat membuka tab baru atau pindah dari satu tab ke tab lain.

Berbeda dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox yang kadang terasa lambat saat membuka banyak tab kemudian pindah dari satu tab ke tab lain.

Kesan Setelah Menggunakan Vivaldi Web Browser

Berikut ini adalah rangkuman kesan setelah mencoba web browser yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Chrome, Opera, Chromium maupun Firefox.

Kesan Setelah Menggunakan Vivaldi Web Browser

Hadir dengan tampilan yang flat dengan warna merah (default) untuk bagian navigasi, Speed dial untuk akses cepat ke beberapa situs populer seperti Facebook, Twitter dan lainnya, disertai beberapa shortcut dibagian status bar dengan fungsi yang cukup menarik seperti zoom in / zoom out tampilan, Toogle Image untuk menghilangkan gambar dari halaman yang sedang kita akses, Page Action untuk kostumisasi tampilan web yang sedang kita buka seperti mengubahnya menjadi hitam putih dan lain sebagainya.

Yang menarik lainnya adalah dibagian navgasi atas, karena ada fitur Rewind dan Fast Forward yang berfungsi untuk berpindah halaman ke belakang atau kedepan hampir sama dengan fungsi back dan forward, bedanya rewind atau fast forward akan terasa manfaatnya saat kita melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google misalnya kemudian ingin berpindah ke halaman selanjutnya, maka kita tidak perlu lagi memilih page 1,2,3 dst di Google tetapi dapat dilakukan langsung dari navigasi tersebut, berikut contohnya.

Vivaldi

Lihat yang diberi kotak, menunjukan hasil pencarian Google di halaman 3, dan saat kita klik tombol Fast Forward maka akan berpindah ke halaman 4 seperti gambar dibawah ini.

Vivaldi

Cara Akses Menu Vivaldi Web Browser

Saat pertama kali menggunakan Vivaldi saya agak sedikit bingung mencari dimana letak menu, dan ternyata letaknya ada di pojok kanan atas. Tidak jauh berbeda dengan browser lainnya dari menu tersebut kita bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan maupun menyimpan halaman (save as) atau mencetak dan menariknya untuk fitur Print ternyata sama dengan Google Chrome yang bisa kita gunakan untuk menyimpan halaman web ke PDF.

Jika masih bingun mencari menu, silahkan lihat gambar dibawah ini (lihat tanda panah)

Akses Menu Vivaldi Web Browser

Pada gambar diatas saya contohkan saat akan menghapus history browser yang dapat diakses dari menu – Tools – Clear Private Data (mirip dengan Google Chrome).

Bagaimana Install Extension?

Untuk kamu pengguna Google Chrome dan ingin mencoba vivaldi tidak perlu khawatir karena untuk mencari dan install extension yang bisa jalan di vivaldi caranya cukup mudah bahkan sama dengan saat akan menginstall di Google Chrome.

Untuk melakukan pengaturan extension bisa melalui menu – Tools – Show Extensions atau untuk akses cepat bisa dengan ketik vivaldi://extensions di kolom url.

Sedangkan untuk mencari extension yang dibutuhkan kamu bisa browsing dari https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=en-US

Kesimpulan

  1. Ringan dan cepat, walaupun saya lihat ternyata lebih banyak proses yang berjalan dibandingkan Firefox tetapi vivaldi tidak sempat hang atau not responding, ini berbeda dengan Google Chrome maupun Chromium yang biasanya akan membuat PC hang saat kita buka banyak tab berbarengan dengan Firefox.
  2. Banyak extension yang tersedia karena sama dengan Google Chrome, kamu tinggal cari dari Chrome Web Store.
  3. Bisa menjadi alternatif web browser yang selama ini kamu gunakan.
  4. Kaya fitur, dan untuk mesin pencari kita bisa hapus, tambah maupun ubah sesuai kebutuhan. Default yang terpasang adalah Google, DucDuckGo, Yahoo, Bing dan lainnya.

Vivaldi memang layak dipertimbangkan sebagai browser pengganti atau bagi yang ingin merasakan pengalaman browsing lebih nyaman karena banyak sekali fitur-fitur yang bisa kita manfaatkan dan yang pasti tidak cepat membuat PC hang atau browser not responding seperti Chromium jika dibuka berbarengan dengan Firefox.

Advertisement

Itulah sedikit pengalaman menggunakan Vivaldi, maaf jika kurang mudah dimengerti karena saya hanya menilainya dari sisi pengguna bukan aspek teknis dan lainnya, yang jelas vivaldi cukup bagus, nyaman, dan cepat (bukan cepat dalam arti mengakses web karena ini tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan, cepat yang saya maksud disini adalah reponnya lebih cepat dan ringan jika dibandingkan Firefox maupun Google Chrome terutama setelah berjam-jam digunakan). Download https://vivaldi.com