Pengalaman Mengatasi Bunyi Berdecit Saat Mesin Mobil di Starter

Sudah berbulan-bulan setiap baru pertama kali mesin mobil dinyalakan terdengar bunyi cit cit lalu hilang, sudah coba beberapa cara mengatasi bunyi berdecit yang sumbernya dari fan belt ternyata tidak hilang juga.

Jadi ceritanya mobil vios matic 2007 second yang saya beli sekitar 10 bulan lalu, tiba-tiba mengeluarkan suara cit seperti suara tikus setiap kali baru pertama starter di pagi hari, namun jika mesin sudah panas atau sudah dipakai lebih dari 30 menit suara tersebut hilang.

Tanya beberapa teman yang sudah lama pegang mobil katanya itu dari fan belt yang sudah saatnya diganti entah getas atau sudah ada bagian yang sobek, ada kotoran atau setelannya kurang pas atau kurang kencang. Baca juga : cara tambal ban tubless dari dalam.

Ada yang menyarankan untuk mengatasi bunyi cit cit di fan belt saat mesin pertama dihidupkan katanya dikasih minyak kelapa / minyak goreng sedikit supaya tidak macet padahal setelah Googling katanya memberi pelumas seperti oli, gemuk, termasuk minyak kelapa pada fan belt tidak disarankan karena bisa menyebabkan slip.

Cerita Mengatasi Bunyi Berdecit Saat Mesin Mobil di Starter

Singkat cerita akhirnya saya putuskan untuk mengganti fan belt dengan yang baru tapi ternyata tidak bertahan lama, pagi-pagi saat dingin dan mesin dihidupkan kembali terdengar suara berdecit walau memang lebih singkat dibanding sebelumnya.

Sebelum ganti mungkin suara cit cit hampir 3 detik dan setelah ganti baru hanya sekali bunyi sekitar 1 detik hilang. Akhirnya saya coba semprotkan pakai cairan belt dressing dan memang berhasil mengatasi bunyi berderit tapi lagi-lagi cuma bertahan 1 hari.

Sudah hampir putus asa dan menyesal karena beli v belt baru tidak menyelesaikan masalah, tapi karena masih penasaran akhirnya saya coba cari informasi lagi, kali ini di YouTube dan ternyata masalah suara ini sudah umum dengan berbagai penyebab.

Bukan hanya karena fan belt yang sudah rusak tetapi jika terlalu kencang atau terlalu kendor juga ternyata bisa menyebabkan suara decit.

Karena yang saya pakai adalah fan belt baru akhirnya saya curiga ada yang kurang pas dengan kekencangan fan belt tersebut dan akhirnya saya coba beri tanda dengan spidol untuk menandai posisi awal kemudian saya coba kencangkan lagi, kihat gambar dibawah ini.

Cerita Mengatasi Bunyi Berdecit Saat Mesin Mobil di Starter

Yang diberi kotak merah merupakan penanda posisi awal sebelum dikencangkan, kemudian cara untuk mengencangkan fan belt caranya kendorkan dulu baut dengan kunci ring 12 lalu tahan dengan besi dibagian yang diberi tanda panah agar terdorong ke depan.

Setelah terdorong kemudian tahan lalu kencangkan sedikit-sedikit dan coba lagi hidupkan mesin, dan hasilnya ternyata cukup efektif suara cit cit tersebut hilang.

Hmm ternyata dengan mengencangkan fan belt bisa mengatasi bunyi berdecit saat mesin mobil di starter, dalam hati kenapa saya tidak coba dari dulu? kenapa langsung ganti pakai yang baru?

Alasannya cuma satu karena saya tidak tahu bagaimana cara mengencangkan fan belt vios jika tidak melihat mekanik bengkel saat mereka mengganti fan belt.

Kesimpulan, jika memang sumber bunyi tersebut dari fan belt maka ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk mengganti coba dulu beri belt dressing dan jika masih bunyi periksa kembali kekencangannya bisa jadi kendor atau malah terlalu kencang.

Jika dua hal diatas sudah dicoba tapi masalahnya belum hilang maka jalan terakhir ya coba ganti dulu fan belt dengan yang baru dan pastikan setelan kekencangannya pas agar suara berdecit itu tidak muncul lagi.

Itulah sedikit pengalaman pemula yang mencoba mengatasi sendiri suara berdecit saat pertama kali mesin mobil dihidupkan, kenapa tidak dibawa ke bengkel lagi?

Karena suara tersebut muncul ketika mesin masih dingin jadi percuma dibawa ke bengkel karena jelas ketika panas tidak ada suara decit jadi yang paling pas adalah mengatasi sendiri dirumah saat mesin dingin dan ternyata berhasil seperti saat saya mencoba mengatasi alarm vios sering bunyi sendiri.