Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 Tidak Bisa USSD? Mungkin Ini Solusinya

Beberapa waktu lalu admin opikini.com membeli modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 untuk digunakan di laptop Asus X441N dengan OS Windows 10 dan pada proses install atau pemasangan software modem tidak ada masalah.

Advertisement

Artinya setelah driver bawaan modem 4G Xidol K518 ini terpasang bisa langsung digunakan untuk konek ke internet dengan lancar namun yang menjadi masalah adalah modem ini tidak bisa USSD dengan normal, setiap kali ketik command USSD modem seperti tidak merespon jadi harus beberapa kali klik tombol Send.

Tidak hanya respon lambat saat ketik command USSD tetapi ternyata hasil dari perintah USSD yang didapat tidak bisa dibaca karena hurufnya berubah seperti karakter bukan huruf normal yang biasa digunakan di Windows.

Mengatasi Modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 Tidak Bisa USSD

Kenapa sih USSD penting ada dimodem? buat saya USSD akan sangat berguna saat kita ingin cek nomor HP sendiri terutama saat ingin isi pulsa misalnya karena jujur saja saya tidak hafal no hp yang digunakan di modem jadi setiap akan isi pulsa harus cek nomor terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, USSD pada modem 4G Telkomsel ini juga bisa digunakan saat ingin mengetahui sisa kuota paket internet yang dipakai.

Baca juga : Menjadikan modem huawei sebagai wifi hotspot.

Contoh USSD di Modem Telkomsel 4G Xidol K518 hasilnya tidak terbaca.

Berikut adalah gambar contoh ketika command USSD untuk cek nomor Telkomsel dilakukan, hasilnya seperti terlihat pada gambar dengan tanda panah yang tidak dapat dibaca.

Mengatasi Modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 Tidak Bisa USSD

Lalu Bagaimana Mengatasinya?

Ternyata triknya sangat sederhana yaitu mengubah pengaturan Prority network menjadi auto dengan cara putuskan atau disconnect dulu koneksi internet kemudian klik tombol Setting.

Mengatasi Modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 Tidak Bisa USSD

Setelah menu setting terbuka lalu pada Priority Net pilih Auto lalu OK.

Modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518

Setelah perubahan diatas dilakukan kemudian coba lagi ketik command USSD, berdasarkan pengalaman admin hasilnya sangat berbeda dengan sebelumnya yaitu sekali klik Send perintah langsung direspon dan hasilnya bisa terbaca dengan baik seperti terlihat pada gambar berikut ini.

USSD di Modem Telkomsel 4G Xidol K518

Lihat gambar diatas, sekarang tulisan hasil perintah ussd sudah bisa dibaca dengan baik bukan? tidak seperti sebelumnya.

Jadi jika mengalami modem Telkomsel 4G LTE Xidol K518 tidak bisa USSD sebaiknya cek dulu priority networknya dan coba ubah menjadi auto, kalau masih tidak bisa coba tutup dulu connection managernya lalu cabut modem lalu pasang kembali dan coba lagi.

Advertisement