Musim Mudik Lebaran, Traffic Blog Siap-siap Anjlok

Musim mudik lebaran yang terjadi setiap tahun memang banyak dinantikan orang-orang yang merayakan hari raya idul Fitri, namun untuk para blogger pada musim libur lebaran mungkin sudah tidak aneh lagi dengan fenomena penurunan traffic atau pengunjung yang cukup signifikan.

Tidak perlu khawatir, karena biasanya penurunan jumlah pengunjung ini hanya sementara. Seperti yang dialami oleh opikini.com sejak tanggal 30 juni 2016 kemarin sudah mulai mengalami penurunan pengunjung walau tidak terlalu signifikan karena jika dihitung-hitung tidak sampai 20% berkurang.

Berkurangnya visitor pada musin liburan lebaran tahun 2016 yang kemungkinan akan jatuh pada tanggal 6-7 Juli 2016 ini lebih terlihat dari pengunjung menggunakan desktop/laptop dibandingkan pengunjung yang mengakses web via smartphone.

Hal ini wajar saja, karena jarang orang yang mudik membawa laptop apalagi PC, tapi mereka pasti akan membawa HP/smartphone sehingga masih bisa browsing atau mencari informasi di internet.

Nah, jika opikini.com mengalami penurunan pengunjung bagaimana dengan blog sobat? berikut adalah gambaran traffic yang semakin sedikit semenjak tanggal 30 Juni, dan puncaknya pada tanggal 3-4 juli 2016.

Musim Mudik Lebaran, Traffic Blog Siap-siap Anjlok

Memang untuk opikini.com terlihat tidak terlalu banyak penurunannya tetapi beberapa teman blogger ada yang mengeluh hilang pengunjungnya sampai 50%.

Walau ada penurunan bukan berarti kita sebagai blogger terutama pemula seperti saya harus kehilangan semangat karena biasanya kejadian ini hanya sementara, dan bisa kita jadikan sebagai ajang untuk memperbaiki atau memodifkasi blog baik dari segi tampilan maupun performa misal dengan mencoba percepat loading blog wordpress jika dirasa masih lambat.

Selain itu musin liburan yang sepi pengunjung ini juga bisa kita manfaatkan untuk memodifikasi atau memperbaiki beberapa artikel yang pernah kita tulis terutama yang sudah kurang update atau tidak aktual lagi tetapi sebelum mengedit jangan lupa untuk membackup data blog sobat agar jika terjadi kesalahan bisa segera kita restore atau kembalikan seperti sebelumnya.

Nah bagaimana dengan blog sobat? apakah mengalami penurunan jumlah pengunjung? atau bahkan sebaliknya saat lebaran ini visitor semakin bertambah? apapun yang terjadi tetap semangat dan admin opikini.com mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah tak lupa meminta maaf jika ada tulisan atau komentar yang kurang berkenan baik disengaja atau tidak disengaja.