Pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Pakai E-Cash dan Kartu Kredit?

Opikini.com | Apakah pembayaran BPJS Kesehatan bisa pakai e-cash dan kartu kredit secara online? jawabanya tentu bisa kalau kita membayar lewat pihak ketiga seperti Bukalapak atau Tokopedia. Namun bukan itu yang akan kami bahas kali ini melainkan membayar tagihan BPJS online lewat aplikasi Mobile JKN di HP Android yang ternyata sudah menyediakan menu pembayaran mobile.

Advertisement

Menu pembayaran mobile bisa diakses dari aplikasi BPJS Kesehatan Android (Mobile JKN) dengan membuka menu TagihanPembayaran.

Kemudian nanti akan terlihat beberapa metode pembayaran yang tersedia dari bank yang sudah bekerjasama termasuk pakai kartu kredit dan juga mandiri e-cash.

Apakah Pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Pakai E-Cash dan Kartu Kredit?

Untuk mengetahui apakah saat ini pembayaran bpjs kesehatan online bisa lewat e-cash mandiri atau kartu kredit silahkan lihat gambar berikut ini.

Pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Pakai E-Cash dan Kartu Kredit?

Pada gambar diatas tampak dari menu Pembayaran – Pembayaran Mobile ada pilihan Bank Mandiri dan didalamnya ada pilihan Klik Pay dan E-cash. Namun khusus untuk E-cash masih dalam tahap pengembangan.

Tidak hanya itu dibagian paling bawah ada pilihan Kartu Kredit dan ketika kami cek ternyata memang bisa digunakan untuk membayar tagihan lewat kartu kredit VISA/Master Card namun sayangnya tidak disebutkan kartu kredit dari bank mana saja yang bisa digunakan tetapi sepertinya hanya yang sudah menggunakan fitur 3D secured karena saat transaksi pakai kartu kredit akan menggunakan kode OTP untuk otorisasi transaksi.

Karena masih ragu apakah benar bisa membayar lewwat kartu kredit akhirnya kami tanyakan langsung kepada BPJS Kesehatan RI via Twitter dan jawabannya adalah sebagai berikut.

Untuk melakukan pembayaran iuran bpjs kesehatan dengan kartu kredit caranya buka menu Pembayaran – Pembayaran mobile – Kartu kredit.

Kemudian pilih jumlah bulan yang akan dibayar, jika masih ada tagihan maka akan muncul datanya kemudian pilih tombol bayar untuk melanjutkan.

Setelah itu masukan data kartu kredit berupa nomor kartu, kode cvv, nama pemilik kartu, alamat email, nomor hp lalu pilih tombol Process Payment dan ikuti langkahnya sampai selesai.

Penting : Untuk pembayaran pakai kartu kredit akan dikenakan biaya tambahan selain admin bank 2.500 yaitu ada biaya layanan kartu kredit seperti terlihat pada gambar diatas, untuk tagihan BPJS peserta mandiri kelas 1 sebanyak 4 orang dengan total tagihan sebesar 320.000 per bulan dikenakan biaya layanan sebesar 7.740 rupiah.

Jadi kesimpulannya saat ini kita sudah bisa membayar iuran bpjs kesehatan langsung dari aplikasi mobile JKN namun masih terbatas untuk bank mandiri dan kartu kredit namun yang perlu diperhatikan adalah pembayaran via KK ini akan dikenakan biaya layanan dan jika ada kesalahan, kerusakan, kerugian karena menggunakan layanan pembayaran mobile maka pihak BPJS tidak bisa diminta pertanggung jawaban sesuai dengan aturan yang dibuat dan disetujui saat akan membayar.

Dengan kata lain semua resiko ditanggung sendiri oleh pengguna aplikasi mobile jkn, bagaimana apakah kamu sudah pernah coba fitur ini? apakah akan mencoba atau masih tetap membayar dengan metode lain seperti bayar lewat atm, tokopedia, alfamart maupun Indomaret seperti biasa.

Advertisement