Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online dan Lewat HP

Setelah sukses daftar BPJS kemudian saya penasaran mencari tahu bagaimana cara cek iuran tagihan BPJS kesehatan secara online karena ingin tahu berapa jumlah tagihan yang harus dibayar, selain itu ingin mengecek juga status peserta apakah sudah aktif atau belum.

Advertisement

Ternyata untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan mandiri bukan pekerja sangat mudah dan dapat dilakukan secara online melalui web site resmi BPJS atau lewat HP Android dengan menginstall dulu aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa langsung di download dari Google Play Store.

Tidak hanya jumlah tagihan tetapi pengecekan online maupun lewat HP ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah peserta BPJS aktif atau tidak, contohnya jika baru daftar dan belum membayar maka akan muncul keterangan penangguhan pembayaran sedangkan jika sudah dibayar maka status akan berubah menjadi Aktif.

Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online

  1. Buka halaman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ yang merupakan halaman resmi untuk melihat informasi pembayaran iuran.
  2. Kemudian masukan 13 digit nomor kartu BPJS kesehatan yang akan dicek.
  3. Masukan juga tanggal lahir peserta dengan benar.
  4. Masukan angka validasi sesuai dengan yang terlihat pada layar pc kemudian klik tombol Cek.Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online
  5. Jika nomor yang dimasukan benar maka akan muncul informasi berupa nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir. nominal pembayaran dan saldo.Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online

Langkah diatas dapat juga dilakukan untuk mengetahui apakah pembayaran tagihan bpjs kesehatan sudah tercatat atau belum, karena jika sudah bayar maka akan muncul nominal pembayaran dan juga tanggalnya seperti terlihat pada gambar diatas.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Lewat HP Android

Dari informasi yang saya baca sebetulnya kita bisa mengecek tagihan lewat sms tetapi berkali-kali mencoba tidak pernah mendapat sms balasan, jadi salah satu alternatif lain jika ingin mengetahui berapa total tagihan iuran bpjs untuk satu keluarga yang tergabung dalam satu KK (kartu keluarga) lewat HP adalah dengan menginstall aplikasi resmi BPJS dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Install dulu aplikasi JKN KIS dari Google Play Store kemudian silahkan lakukan pendaftaran menggunakan alamat email yang masih aktif.
  2. Setelah berhasil daftar kemudian login dan buka aplikasinya, pilih menu Tagihan Kemudian pilih Premi.
  3. Nanti akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta yang tergabung dan total yang harus dibayarkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Mengecek Tagihan BPJS Lewat HP Android

Pada gambar diatas terlihat total tagihan nol rupiah karena sehari sebelumnya saya memang sudah membayar lewat atm mandiri, sedangkan jika belum dibayar maka akan ada angkanya bukan nol.

Kalau Lupa No BPJS Bagaimana Cek Tagihannya Apakah Bisa Cek Pakai No KTP atau Kartu Keluarga?

Jika kamu lupa nomor peserta maka sebaiknya langsung tanyakan via telp di nomor 1500400 atau bisa juga melalui akun Twitter resmi BPJS yaitu @BPJSKesehatanRI, kamu bisa DM atau mengirim pesan untuk menanyakan no BPJS dengan menyebutkan NIK KTP, Tanggal Lahir, atas nama dan nanti pihak BPJS akan mengecek data kemudian menginformasikan nomor peserta BPJS yang lupa tersebut.

Selain bisa menanyakan no peserta pada akun Twitter tersebut kamu juga bisa cek status kepesertaan apakah aktif atau tidak, cek pembayaran apakah sudah tercatat atau belum dan lainnya yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan.

Sedangkan bagi kamu yang tidak memiliki akun Twitter maka bisa menanyakan dengan mengirim pesan via Facebook atau jika tidak punya juga maka mau tidak mau via Telp. (no tlp dan akun Facebook bisa lihat dibawah)

Jadi kalau kamu ingin mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP caranya tanyakan langsung ke pihak BPJS melalui akun resmi Twitter, Facebook atau telepon ke call center.

Itulah dua cara cek iuran tagihan BPJS kesehatan online maupun lewat HP Android, namun jika informasi diatas kurang jelas sebaiknya anda bisa langsung hubungi pihak BPJS melalui call center 1500400 (24 jam) atau via akun Twitter @BPJSKesehatanRI maupun melalui akun Facebook resminya dengan alamat https://web.facebook.com/BPJSKesehatanRI/

Advertisement

Latest Comments

  1. jamal Mei 1, 2017