Home » Tips » Cara Install Ulang Play Store Yang Hilang Terhapus 3 Langkah

Cara Install Ulang Play Store Yang Hilang Terhapus 3 Langkah

Cara install ulang Play Store yang hilang terhapus tidak sengaja bukan perkara sulit karena kita bisa install menggunakan file apk yang banyak tersedia di internet.

Advertisement

Tetapi saat akan mendownload apk Google Play Store sebaiknya perhatikan juga kredibilitas situs penyedia unduhan aman.

Meskipun kejadian Google Play Store terhapus ini cukup jarang tetapi bukan tidak mungkin terjadi, seperti yang opikini.com alami beberapa waktu lalu.

Awalnya HP Android dipakai oleh keponakan yang masih kecil, dan tidak perhatikan apa saja yang dia tekan, namun ketika handphone kembali ternyata aplikasi Google Play Store sudah hilang dan tidak bisa install lagi.

3 Langkah Cara Install Ulang Play Store Yang Hilang Terhapus

  1. Buka halaman apk pure untuk download file apk Google Play Store terbaru.
  2. Lalu tap Unduh APK (jika ada peringatan file dapat membahayakan perangkat pilih OK).
    Cara Install Ulang Play Store
  3. Setelah selesai download buka file maneger kemudian cari file apk tadi lalu tap untuk menginstall. Jika muncul peringatan ponsel anda tidak diizinkan menginstall aplikasi yang tidak dikenal dari sumber ini pilih setelan lalu pilih Izinkan dari sumber ini.

Catatan : Untuk mengizinkan agar bisa install dari apk sekarang berbeda-beda, namun jika masih pakai Android lama maka bisa diakses dari : Settings/Pengaturan – General/Umum – Security/Pengamanan Centang Unknown Source/Sumber tak dikenal.

Sedangkan jika sudah menggunakan OS Android terbaru maka biasanya untuk enable fitur tersebut melalui Pengaturan – Biometrik dan keamanan – Instal aplikasi yg tdk dikenal lalu pilih sumber apk dari mana apakah Chrome, file saya dan sebagainya.

Sebagai contoh cara mengaktifkan sumber tidak dikenal Samsung A30, A31, M20 adalah.

  1. Buka Pengaturan – Biometrik dan keamanan.
  2. Pilih Instal aplikasi yg tdk dikenal.
  3. Selanjutnya pilih dari mana kita akan membuka file apk tersebut saat akan menginstal misalnya dari file manager maka pilih File Saya.
  4. Terakhir geser Izinkan dari sumber ini.

Perhatian : langkah di atas sebaiknya dilakuan dengan hati-hati dan jika ragu sebaiknya tanyakan kepada yang lebih ahli atau bisa minta instal di service ponsel terdekat.

Kenapa setelah instal Google Play Store tidak bisa dibuka? kemungkinan versi yang dipasang tidak kompatible dengan OS Android yang digunakan.

Jika aplikasi Google Play Store hilang terhapus apakah akun Google ikut terhapus? tidak, akun akan tetap ada dan bisa digunakan kembali, yang hilang hanya aplikasinya dari perangkat Android.

Apakah tidak bisa unduh dari Google Play Store? tidak bisa, apk Google Play Store sudah tertanam dalam ponsel dan tidak ada tempat unduhan resmi.

Untuk meminimalisir resiko maka kamu bisa coba transfer apk Google Play Store dari teman yang menggunakan ponsel sejenis atau dengan versi OS Android sama dan caranya adalah sebagai berikut.

Cara Transfer APK Google Play Store Dari HP Android Lain

Langkah dibawah ini membutuhkan 2 buah HP Android dengan OS yang sama untuk memastikan versi Google Play Store yang akan dikirim bisa berjalan di HP penerima.

  1. Download aplikasi Apk Extractor dari Google Play Store.
  2. Setelah terpasang kemudian jalankan dan cari Google Play Store.
  3. Tap pada menu titik 3 yang ada di pojok kanan lalu pilih Bagikan.
    Cara Transfer APK Google Play Store Dari HP Android Lain
  4. Tunggu sampai proses ekstrak apk selesai, setelah itu silahkan pilih lewat apa kamu akan share apk ke Android lain, misalnya via bluetooth dan sebagainya.
  5. Setelah file apk diterima silahkan install Google Play dari file apk tersebut.

Jika sudah download berbagai versi tetapi tidak bisa dibuka juga maka bisa coba reset Android ke pengaturan pabrik namun resikonya semua data akan terhapus.

Kesimpulan

Salah satu cara install ulang Play Store yang terhapus adalah mendownload file apk Google Play Store, namun resikonya ada kemungkinan tidak bisa dibuka atau tidak bisa berjalan di Android yang kamu gunakan karena sudah berbeda versi.

Mengingat sekarang ini Android terus update dan keluar versi baru, berbeda dengan dulu yang proses upgrade OS masih terbilang lama.

Akan lebih aman jika kamu coba minta transfer apk dari teman yang menggunakan HP Android serupa atau setidaknya menggunakan versi OS Android yang sama menggunakan Apk Extractor.