Mudahnya Memperkecil Ukuran File PDF Dengan Adobe Acrobat

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkecil ukuran file PDF, salah satunya adalah dengan menggunakan software Adobe Acrobat XI Pro.

Sayang aplikasi ini tidak gratis alias berbayar jadi bagi anda yang tidak memilikinya bisa menggunakan cara alternatif lain seperti dengan tool online seperti smallpdf atau menggunakan ORPALIS PDR Reducer Free.

Advertisement

Namun khusus untuk posting kali ini saya hanya akan membahas caranya menggunakan Adobe Acrobat, ingat bukan Adobe Reader tapi Acrobat, karena reader hanya dapat digunakan untuk membaca file PDF dan memberi anotasi saja.

Panduan Memperkecil Ukuran File PDF Dengan Adobe Acrobat

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat XI Pro
  2. Klik Open – kemudian cari file PDF yang ingin dikurangi ukurannya menjadi lebih kecil
  3. Selanjutnya klik FileSave As OtherReduced Size PDF
  4. Selanjutnya pada Make compatible with : Retain existing lalu OK dan save file dengan nama yang berbeda tersebut dan tunggu sampai selesai.

Proses ini mungkin saja akan mengurangi kualitas file yang diperkecil jadi itulah sebabnya kenapa harus menyimpan (save as) file dengan nama yang berbeda dengan file aslinya.

Dari hasil percobaan yang saya lakukan, hasilnya cukup memuaskan karena file yang sudah dikompres menjadi lebih kecil masih dapat dibaca dengan jelas, namun dengan ukuran yang jauh berbeda atau berkurang lebih dari 70% sebagai contoh saya coba dengan file sebesar 110MB dan setelah diperkecil hasilnya menjadi sekitar 30MB.

Advertisement

Masih ada beberapa fitur menarik lain dari Adobe Acrobat yang akan kami bahas selanjutnya seperti dapat digunakan untuk convert PDF ke Word dan masih banyak lagi. Baca Panduan Lengkap Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline.

Latest Comments
  1. Pusat Motor Indonesia May 28, 2016