Cara Top Up ShopeePay Lewat DANA Metode Baru 2021

Ada dua cara top up ShopeePay lewat DANA yaitu melalui menu transfer dan saldo digital. Tetap sayangnya untuk opsi saldo digital sepertinya belum bisa untuk semua akun DANA. Jadi terbatas akun-akun tertentu saja yang sudah ada menu ini.

Advertisement

Kami sendiri tidak tahu apa kriteria akun DANA yang bisa muncul menu saldo digital dengan yang tidak. Karena setelah cek pada beberapa akun yang sudah sama-sama upgrade ke DANA Premium hasilnya berbeda. Artinya ada yang tampil ada yang tidak.

Perbedaan transfer DANA ke ShopeePay via menu kirim ke rekening virtual Shopee dengan via saldo digital adalah pada biaya admin. Jika melalui menu saldo digital biaya adminnya saat ini adalah 999 rupiah, sedangkan jika via menu Kirim bervariasi.

Apabila top up ShopeePay dari DANA dengan nominal 50.000 atau lebih maka bisa gratis biaya admin. Tentu dengan catatan masih memiliki gratis biaya transfer 10x ke rekening bank. Sedangkan dari saldo digital tidak demikian, berapapun nominalnya tetap ada biaya admin.

Cara Top Up ShopeePay Lewat DANA Via Menu Kirim

  1. Buka aplikasi DANA lalu pilih menu Kirim.
    Cara Top Up ShopeePay Lewat Aplikasi DANA
  2. Kemudian pilih Kirim Ke Rekening Bank.
  3. Jika nomor rekening tujuan belum ada pilih lagi +Kirim ke Rekening Bank.
    Tap Kirim ke Rekening Bank
  4. Pada kolom nama bank isi dengan Mandiri.
  5. Selanjutnya pada kolom nomor akun masukan kode transfer DANA ke ShopeePay yaitu 893 lalu masukan no akun Shopeepay yang akan kamu top up.
  6. Kolom Alias bisa kamu kosongkan. Jika sudah tap Tambah Bank Baru.
  7. Masukan jumlah uang atau nominal top up lalu tap Atur Jumlah.
  8. Tap Konfirmasi.
  9. Jika nomor virtual account ShopeePay benar maka akan muncul nama akun Shopee dan biaya admin. Jika sudah tap Konfirmasi.
    Isi Saldo ShopeePay Via DANA
  10. Masukan PIN DANA.
  11. Apabila proses kirim saldo DANA ke ShopeePay berhasil maka akan ada notifikasi. Selanjutnya saldo ShopeePay akan bertambah.

Catatan : Per Juli 2021 Shopee memberlakukan aturan baru untuk biaya top up ShopeePay via virtual account. Sebelumnya gratis biaya admin tetapi saat ini akan terpotong 500 rupiah dari saldo yang masuk.

Contoh jika kamu isi saldo ShopeePay 10.000 maka yang masuk hanya 9.500 atau berkurang 500 rupiah.

Selain dengan cara di atas, masih ada lagi cara untuk isi ShopeePay dari DANA yaitu melalui menu Saldo Digital. Sebagai informasi, saldo digital di aplikasi DANA bisa juga untuk transfer ke OVO serta GoPay.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat panduan berikut ini.

Cara Transfer DANA ke ShopeePay Lewat Menu Saldo Digital

  1. Langkah pertama buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu Saldo Digital. Jika tidak ada pilih menu Lihat Semua kemudian lihat bagian Top Up lalu pilih Saldo Digital.
  3. Kemudian pilih ShopeePay.
  4. Masukan nomor HP akun Shopee yang akan menerima transfer saldo dari DANA.
  5. Isi nominal top up ShopeePay yang kamu inginkan. Bisa juga pilih dari nominal yang sudah tersedia mulai dari 50.000 sampai 200.000. Jika sudah tap Lanjutkan.
  6. Periksa lagi apakah akun Shopee penerima uang dan nominal sudah benar?. Jika ya tap Konfirmasi.
  7. Masukan PIN aplikasi DANA.
  8. Tunggu sampai transaksi selesai. Apabila berhasil maka saldo ShopeePay akan bertambah.

Seperti terlihat pada cara kedua ini langkahnya lebih simpel. Kita tidak perlu mengingat kode transfer DANA ke ShopeePay lagi.

Cukup masukan nomor hp yang terdaftar ke akun Shopee lalu pilih jumlah top up. Selain itu biayanya lebih rendah yatu hanya 999 rupiah.

Namun jika nominal top up ShopeePay dari DANA lebih atau sama dengan 50.000 tentu cara yang kedua ini jatuhnya lebih mahal.

Karena seperti kita tahu, DANA memberikan bebas biaya transfer 10x sebulan jika nominal transfer 50.000 atau lebih. Artinya jika ingin isi saldo aplikasi Shopee untuk belanja 50 ribu atau lebih sebaiknya pilih metode pertama.

Dengan demikian akan lebih hemat karena tanpa biaya admin transfer dari DANA ke ShopeePay.

Kelebihan Kekurangan Top Up ShopeePay Via DANA

Berikut adalah beberapa kekurangan mengisi saldo ShopeePay dari aplikasi DANA.

  1. Ada biaya admin mulai dari no sampai 4.500 rupiah.
  2. Hanya bisa jika sudah upgrade ke akun DANA Premium.

Jika tidak ingin kena biaya admin bank maka kamu bisa pilih isi ShoeePay via BSI, BCA, Mandiri atau bank lain. Namun untuk saat ini tetap akan kena potongan 500 rupiah.

Sehingga saldo ShopeePay yang masuk akan berkurang atau tidak sama dengan jumlah top up.

Sedangkan kelebihan isi saldo ShopeePay lewat DANA adalah.

  1. Bisa menjadi solusi bagi yang tidak memiliki rekening bank atau tidak ada mobile banking.
  2. Bisa gratis admin transfer jika transaksi minimal 50.000 rupiah.

Tanya Jawab

Berapa Biaya Admin Top Up ShopeePay Lewat DANA?

Biayanya bervariasi mulai dari gratis sampai 4.500 per transaksi. Apabila top up ShopeePay minimal 50 ribu dan ada 10x gratis biaya transfer maka kamu bisa isi saldo tanpa biaya admin.

Sedangkan jika jumlah top up kurang dari 50.000 atau sudah tidak ada gratis biaya transfer DANA 10x per bulan maka akan kena admin 4.500.

Kemudian jika pakai metode terbaru yaitu melalui menu saldo digital dari DANA ke ShopeePay maka biayanya menjadi 999 rupiah.

Kenapa Tidak Bisa Transfer Saldo DANA ke ShopeePay?

Ada beberapa kemungkinan misalnya akun DANA belum upgrade ke Premium user. Kemudian saldo aplikasi DANA tidak cukup dan yang terakhir karena nomor virtual account ShopeePay untuk top up dari DANA salah.

Oleh karena itu agar tidak gagal, pastikan sudah upgrade DANA, memiliki saldo cukup + biaya admin jika ada dan no rekening ShopeePay yang kamu input benar.

Apa Bisa Top Up ShopeePay Pakai DANA Tanpa Upgrade?

Bisa tetapi sumber dana tidak bisa dari saldo aplikasi DANA, kamu hanya bisa menggunakan saldo dari kartu debit. Jika ingin sumber dananya dari saldo maka harus upgrade dulu.

Penutup

Saat ini ada dua cara top up ShopeePay lewat DANA yang bisa kamu pilih. Yang pertama seperti biasa yaitu lewat menu tranfer uang ke bank, kedua melalui menu saldo digital.

Kedua cara tersebut hanya bisa kamu lakukan jika sudah upgrade ke DANA premium atau verifikasi eKTP dan foto wajah.

Tanpa upgrade maka kamu tidak bisa top up menggunakan saldo DANA, yang bisa hanya pakai kartu debit yang terhubung ke DANA.

Jadi nanti yang terpotong adalah saldo dari kartu debit tersebut bukan dari saldo aplikasi DANA. Jika belum upgrade alternatif lainnya adalah isi ShopeePay via Gopay atau di Indomaret saja.