Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows 11

Cara membuat partisi hardisk di Windows 11 sebetulnya sama saja seperti di Windows 10. Cara ini mungkin perlu kamu lakukan ketika menggunakan laptop atau PC baru. Karena biasanya HDD maupun SSD di laptop baru belum memiliki partisi atau masih satu drive saja.

Advertisement

Salah satu tujuan membuat drive baru di laptop atau PC adalah untuk memisahkan data dan system. Dengan demikian saat akan instal ulang Windows tidak perlu khawatir data ikut terhapus

Pada artikel kali ini kami akan contohkan membagi partisi hardisk atau mengecilkan kapasitas drive C kemudian membuat partisi baru.

Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows 11

Cara yang akan kami jelaskan berikut ini tidak akan menghapus data jika langkahnya benar. Jadi tidak perlu khawatir data atau aplikasi yang ada di Windows 11 ikut terhapus saat membuat partisi baru di hardisk.

Berikut adalah cara buat partisi di laptop atau PC Windows 11.

  1. Klik Start lalu ketik Partition.
    Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows 11
  2. Pilih Create and format hard disk partitions.
  3. Akan terbuka Disk Management.
  4. Langkah berikutnya adalah membuat partisi hardisk baru dari drive C. Namun sebelumnya kita harus kecilkan dulu volume atau kapasitas drive C tersebut. Caranya adalah klik kanan pada drive C lalu pilih Shrink Volume.
    Shrink Volume Hardisk
  5. Tentukan berapa banyak kapasitas Drive C yang akan kamu kurangi, sebagai contoh kami hanya ambil 100 GB. Karena satuannya MB maka tinggal x dengan 1.000 dari kapasitas hardisk yang akan kamu kecilkan. Misalnya jika ingin ambil 100 GB maka isi dengan 100000 kemudian klik Shrink.
    Buat Drive D Windows 11
  6. Akan muncul Unallocated disk, klik Kanan lalu pilih New Simple Volume.
    Buat Partisi Baru HDD di Windows 11
  7. Klik Next.
  8. Jika ingin pakai semua volume atau kapasitas dari drive tersebut biarkan saja nilainya jangan kamu ubah. Tapi jika ingin membuat beberapa partisi hardisk maka silahkan isi volume sesuai kebutuhan. Klik Next.
    Buat Volume Baru HDD SSD
  9. Langkah berikutnya tentukan nama drive misalnya D lalu klik Next.
  10. Untuk volume system, allocation unit size biarkan saja. Pada Volume label silahkan tentukan label drive baru yang ingin kamu buat lalu klik Next.
  11. Terakhir klik Finish.

Setelah proses pembuatan partisi baru dari Drive C maka jika kamu buka Windows Explorer akan muncul drive yang tadi kamu buat.

Seperti terlihat pada gambar berikut ini. Awalnya hanya ada Local Disk (C) kemudian setelah membuat partisi baru hardisk selesai muncul drive baru dengan label DATA (D).

Kurangi Partisi di Windows 11

Kesimpulan

Jadi jika ingin memisahkan drive pada Windows 11 untuk menyimpan data dan program maka sebaiknya buat partisi baru.

Hal ini akan lebih aman daripada menyimpan data atau dokumen pada drive C. Terutama jika suatu saat Windows 11 harus install ulang maka tidak perlu khwatir data pada drive selain C ikut terhapus.

Demikianlah tutorial singkat membuat partisi hardisk di Windows 11 yang bisa kami bagikan. Cara di atas sama saja baik untuk komputer maupun laptop.

Tinggalkan komentar