Cara Menambahkan Akun Email Yahoo di Mozilla Thunderbird

Advertisement

Mozilla Thunderbird adalah salah satu software email klien yang bisa digunakan secara gratis, dan kali ini saya akan coba berbagi pengalaman cara menambahkan akun email Yahoo di Thunderbird sehingga nantinya bisa kita gunakan untuk membuka maupun mengirim email.

Langkah menambahkan akun Yahoo di Thunderbird tidak berbeda jauh dengan cara di outlook 2010 perbedaannya, di Mozilla Thunderbird lebih mudah karena memiliki fitur untuk konfigurasi secara otomatis sehingga kita tidak perlu lagi memasukan secara manual incoming dan outgoing server Yahooo.

Berikut adalah panduan singkat bagaimana menambah akun email Yahoo di Thunderbird.

Panduan Cara Menambahkan Akun Email Yahoo di Mozilla Thunderbird

  1. Langkah pertama download lalu install Mozilla Thunderbird di PC kamu.
  2. Setelah itu jalankan dan saat pertama kali dibuka kita akan diminta untuk melakukan pengaturan akun email yang akan digunakan, pilih “Skip this and use my existnig email”Panduan Cara Menambahkan Akun Email Yahoo di Mozilla Thunderbird
  3. Masukan nama, alamat email dan password Yahoo yang akan kita tambahkan, kemudian pilih Continue dan biarkan Thunderbird melakukan pengaturan secara otomatis ke Yahoo mail.email dan password Yahoo
  4. Terakhir, silahkan pilih mau menggunakan IMAP atau POP3, lalu Done.Cara Menambahkan Akun Email Yahoo di Mozilla Thunderbird
  5. Jika username dan password yang kita masukan benar, maka kita akan segera melihat inbox atau pesan masuk Yahoo di Thunderbird.

Pilih IMAP atau POP3?

Mungkin sobat masih bingung mau pilih IMAP (Internet Message Access Protocol)  atau POP3 (Post Office Protocol) , jawabannya tergantung kebutuhan karena perbedaannya hanya terletak pada beberapa point berikut.

  1. IMAP, singkatnya adalah mengakses secara remote web mail sehingga apa yang kita tulis, hapus di aplikasi email client maka akan berpengaruh juga pada web mail, contoh kita hapus satu pesan masuk maka di Yahoo versi web pun pesan tersebut akan terhapus.
  2. POP3, kebalikannya karena akan mendownload pesan masuk dari web server dan sebaliknya saat kita menulis pesan baru dari email client maka pesan tersebut tidak akan terlihat pada versi web mail.

Jadi POP3 merupakan opsi yang tepat jika kamu mengakses email dari berbagai perangkat berbeda dengan email client misal di desktop dan juga smartphone karena saat kita hapus salah satu pesan maka di perangkat lain pesan tersebut masih terlihat begitu juga di server web mail.

Begitu juga saat kita kirim email dari aplikasi klien, jika pakai POP3 maka tidak akan ada salinannya di server web sebaliknya jika protokol yang kita pilih saat melakukan pengaturan adalah IMAP maka setiap kali kita kirim email dari aplikasi maka akan tersimpan pulsa di web mail Yahoo.

Untuk lebih jelasnya lain kali akan saya coba membandingkan perbedaan POP3 dan IMAP Yahoo secara lebih detail agar lebih mudah dimengerti.

Jika sudah terlanjur pilih IMAP di Thunderbird bisakah kita ganti menjadi POP3? tidak bisa secara langsung artinya kita harus hapus akun lama kemudian lakukan konfigurasi lagi seperti langkah diatas dan pilih POP3.

Setelah akun berhasil ditambahkan maka kita sudah bisa langsung menggunakannya untuk terima maupun kirim email tanpa harus log in lagi ke web mail.

Advertisement

Seperti terlihat pada langkah diatas, sangat mudah bukan melakukan konfigurasi akun email Yahoo di aplikasi Mozilla Thunderbird, semoga bermanfaat. dan jika tertarik ingin mencoba silahkan Download Thunderbird dari halaman berikut ini https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/.