Cara Menggabungkan File PDF Dengan Adobe Acrobat

Ingin menggabungkan file PDF dengan Adobe Acrobat tetapi belum tahu caranya? jika iya maka silahkan baca artikel ini karena saya akan memberikan panduan untuk gabung banyak file PDF menjadi satu pakai Adobe Acrobat XI PRO.

Untuk dapat melakukan seperti yang akan saya contohkan syaratnya kamu harus memiliki software Adobe Acrobat PRO, bukan Adobe Reader karena berbeda.

Advertisement

Menggabungkan file pdf kadang dibutuhkan terutama ketika akan mengirim lamaran kerja dan harus dalam satu file saja yang terdiri dari surat lamaran, cv, scan ijazah, sertifikat dan lainnya, nah dengan fitur yang dimiliki oleh Adobe Acrobat maka semua file yang terpisah tersebut bisa kita jadikan satu file baru yang terdiri dari beberapa halaman.

Cara Menggabungkan File PDF Dengan Adobe Acrobat

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat PRO (saya menggunakan XI PRO).
  2. Kemudian pilih tombol Create – lalu pilih Combine Files into a Single PDF… (lihat gambar dibawah)
  3. Selanjutanya klik Add Files atau drag & drop file-file yang terpisah terebut untuk dijadikan satu.
  4. Terakhir klik Combine Files dan tunggu sampai selesai.

Jika file yang ingin digabung terdiri dari banyak halaman dan kamu hanya ingin ambil halaman tertentu caranya klik pada tanda + (Expand Document) kemudian hapus halaman yang tidak diperlukan dengan cara klik kanan lalu pilih Remove Page , lihat contoh dibawah ini.

Selain dapat digunakan untuk menggabungkan file pdf yang terpisah menjadi satu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya yang mungkin bisa kamu coba seperti memperkecil ukuran file PDF dengan Adobe Acrobat PRO. Namun sayang aplikasi ini berbayar dan lisensinya cukup mahal.

Advertisement

Nah bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi ini maka bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan menggunakan situs join atau merge pdf online seperti smallpdf.com dan masih banyak lagi yang akan saya bahas pada kesempatan lainnya.